Harga Minyak Tak Sesuai Harapan, OPEC Pangkas Produksi Hingga Juni

Mela Syaharani
28 Februari 2024, 16:34
opec, produksi minyak, harga minyak
Katadata
OPEC mempertimbangkan untuk memperpanjang pemangkasan produksi minyak hingga Juni 2024, untuk mengerek harga minyak.
Button AI Summarize

OPEC dan sekutu yang dipimpin oleh Rusia, atau lebih dikenal dengan sebutan OPEC+, mempertimbangkan untuk memperpanjang pemangkasan produksi minyak secara sukarela hingga kuartal kedua tahun ini. Hal ini lantaran harga minyak yang masih belum sesuai harapan kartel minyak dunia ini.

November lalu, OPEC+ menyetujui pemangkasan sukarela sebesar 2,2 juta barel per hari (bph) untuk kuartal pertama tahun ini. Pemangkasan ini dipimpin atau diawali oleh Arab Saudi yang menghentikan pemangkasan sukarela mereka.

Harga minyak naik pada tahun ini akibat meningkatnya ketegangan geopolitik karena serangan oleh kelompok Houthi terhadap kapal-kapal di Laut Merah. Namun kekhawatiran mengenai pertumbuhan ekonomi dan suku bunga yang tinggi membebani harga. Harga Brent mendekati US$ 83 per barel pada hari Selasa (27/2).

Menurut salah satu sumber OPEC+ yang menolak disebutkan namanya, perpanjangan pemangkasan produksi hingga kuartal kedua "mungkin" terjadi. "Perpanjangan yang lebih lama hingga akhir tahun mungkin saja dilakukan," kata sumber lainnya, seperti dikutip Reuters, Rabu (28/2).

Terkait kabar pemangkasan ini, OPEC dan Kementerian Energi Saudi enggan memberikan tanggapan. Di bawah kesepakatan saat ini, total pemotongan oleh kelompok tersebut ditetapkan untuk turun 3,66 juta bph dari awal April.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...