Pasar Cemaskan Keputusan Kebijakan Pasokan OPEC+, Harga Minyak Naik 1%

Happy Fajrian
1 Maret 2024, 18:54
harga minyak
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/tom.
Petugas melakukan pengecekan meter flow fuel instrument di Stasiun Pengumpul ABG Pertamina EP Jatibarang Field di Indramayu, Jawa Barat, Selasa (27/2/2024).
Button AI Summarize

Harga minyak naik 1% pada perdagangan di hari pertama bulan Maret, Jumat (1/3), dan bersiap untuk mencatatkan kenaikan mingguan hingga 3%. Dukungan terhadap harga karena pasar menunggu keputusan OPEC+ mengenai perjanjian pasokan untuk kuartal kedua sambil mempertimbangkan data ekonomi baru AS, Eropa, dan Cina.

Minyak Brent berjangka untuk bulan Mei naik 83 sen, atau 1,01%, menjadi US$ 82,74 per barel. Sedangkan kontrak berjangka Brent bulan April berakhir pada 29 Februari pada harga US$ 83,62 per barel.

Adapun West Texas Intermediate (WTI) AS untuk bulan April naik 81 sen, atau 1,04%, menjadi US$ 79,07 per barel. Kedua kontrak tersebut diperdagangkan lebih tinggi US$ 1 per barel pada puncak hariannya.

WTI berada di jalur kenaikan 3,4% minggu ini, sementara setelah peralihan bulan kontrak, Brent sekitar 1,4% lebih tinggi dari harga penyelesaian minggu lalu.

“Meningkatnya kemungkinan OPEC+ yang dipimpin Saudi melanjutkan pengurangan pasokannya setelah kuartal pertama, dan berpotensi hingga akhir tahun 2024, kemungkinan akan menjaga harga minyak di atas US$ 80 per barel,” kata kepala analis sektor energi Bank DBS Suvro Sarkar, dikutip dari Reuters.

Keputusan untuk memperpanjang pengurangan produksi OPEC+ diharapkan terjadi pada minggu pertama bulan Maret, kata beberapa sumber, dan masing-masing negara diperkirakan akan mengumumkan keputusan mereka.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...