Soal Kebijakan Pasokan, Putin: OPEC+ Inginkan Stabilitas Harga Minyak

Happy Fajrian
6 Maret 2024, 11:38
harga minyak, vladimir putin, opec
123rf.com
Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan kebijakan OPEC+ diambil demi stabilitas harga minyak.
Button AI Summarize

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa keputusan OPEC+ memperpanjang kebijakan pengurangan pasokan secara sukarela hingga kuartal II tahun ini demi harga minyak yang lebih stabil.

“Kami tidak akan menaikkan harga minyak terus menerus, karena itu berdampak buruk terhadap industri, berdampak buruk pada konsumen. Tapi kami menginginkan stabilitas, sejauh ini kami mampu mencapainya,” ujarnya seperti dikutip dari Interfax, Rabu (6/3).

Dia menambahkan bahwa tujuan dari kebijakan OPEC+ adalah untuk mengatur harga di pasar. Sejalan dengan OPEC+ Rusia juga meningkatkan pengurangan pasokan minyak hingga kuartal kedua tahun ini sebesar 471.000 barel per hari (bph).

Eksportir minyak global terbesar kedua di dunia ini telah memangkas ekspor minyak mentah dan bahan bakar sebesar 500.000 bph pada kuartal pertama, di samping janji sebelumnya untuk mengurangi produksi bersama dengan anggota kelompok OPEC+ lainnya.

“Rusia berencana untuk secara bertahap mengurangi pengurangan ekspor,” kata Perdana Menteri Alexander Novak dalam sebuah pernyataan pada Minggu (4/3).

Pada April, Rusia akan mengurangi produksi sebesar 350.000 bph dan mengurangi ekspor sebesar 121.000 bph. Pada Mei, pengurangan produksi tambahan akan sebesar 400.000 bph dan pengurangan ekspor sebesar 71.000 bph.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...