Progres Aturan Pungut Salur MIP Batu Bara, ESDM: Selesai Diharmonisasi

Mela Syaharani
20 Maret 2024, 10:20
dmo batu bara, mip batu bara, kementerian esdm
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (27/7/2023).
Button AI Summarize

Kementerian ESDM mengungkapkan progres pembuatan aturan mengenai skema pungut salur dana kompensasi domestic market obligation (DMO) batu bara melalui Mitra Instansi Pengelola sudah selesai diharmonisasi antar Kementerian.

“Kepres (Keputusan Presiden) belum keluar, namun sudah selesai harmonisasinya,” kata Direktur Pembinaan Pengusahaan Batu Bara Kementerian ESDM Lana Saria dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR RI pada Selasa (19/3).

Pembentukan MIP berawal dari kesepakatan antara pemerintah bersama pelaku usaha untuk mengubah mekanisme pelaksanaan pungutan ekspor batu bara dari semula melalui lembaga berbentuk badan layanan umum (BLU) menjadi MIP.

Perubahan ini ditujukan untuk menghindari kewajiban alokasi pendanaan guna pemenuhan layanan dasar, seperti penyaluran derma kesehatan, pendidikan, dan pemberdayaan UMKM seperti diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 129 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengelolaan BLU.

Lana mengatakan posisi bakal aturan MIP saat ini sudah berada di sekretariat negara (Setneg). “Sekarang sedang kembali ke Setneg untuk ditandatangan,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...