Harga Minyak Mentah Indonesia Maret 2024 Melejit 4,6% Sentuh US$ 83,78

Mela Syaharani
2 April 2024, 13:42
harga minyak mentah indonesia, icp
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Sejumlah pekerja melakukan pendeteksian laju karat di pipa pada Anjungan Bravo Flow Station Pertamina Hulu Energi (PHE) Offshore North West Java (ONWJ), lepas pantai utara Subang, Laut Jawa, Jawa Barat, Minggu (2/4/2023).
Button AI Summarize

Kementerian ESDM menetapkan harga rata-rata minyak mentah Indonesia (ICP) pada Maret 2024 sebesar US$ 83,78 per barel. Angka ini meningkat US$ 3,69 per barel atau 4,6% dibandingkan US$ 80,09 per barel pada bulan sebelumnya.

Tim Harga Minyak Mentah Indonesia menyebutkan bahwa faktor yang mempengaruhi peningkatan harga minyak mentah utama di pasar internasional berkaitan dengan konflik Ukraina dan Rusia. Penetapan ICP Maret 2024 melalui Keputusan Menteri ESDM Nomor 213.K/MG.03/DJM/2024.

“Serangan Ukraina pada kilang-kilang minyak Rusia, berpotensi mengganggu pasokan BBM di wilayah Asia dan Eropa dan memunculkan potensi pengetatan pasokan di pasar minyak,” kata Tim Harga Minyak Mentah Indonesia dalam Executive Summary yang dikutip pada Selasa (2/4).

Tidak hanya serangan Ukraina, kenaikan ICP juga dipengaruhi oleh kondisi stok minyak Amerika Serikat (AS). “Penurunan stok minyak mentah AS pada pertengahan Maret 2024 dan penurunan stok gasoline AS yang melebihi perkiraan pasar, dinilai pasar sebagai indikator terjadinya peningkatan permintaan akan minyak,” ujar Tim Harga.

Sementara itu, berdasarkan laporan bulanan organisasi negara pengekspor minyak dunia (OPEC) dan Badan Energi Internasional (IEA) diperkirakan permintaan minyak yang kuat untuk 2024 dan 2025. 

“IEA melaporkan pasokan minyak dunia pada kuartal I 2024 turun sebesar 870 ribu bph dibandingkan kuartal sebelumnya akibat penutupan sumur-sumur minyak karena cuaca buruk dan kesepakatan penurunan produksi minyak oleh OPEC+ serta gangguan serangan Houthi di jalur pelayaran Laut Merah,” tulis Tim Harga.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...