Menteri ESDM: MIND ID Dapat 3 Kursi Komisaris dan 2 Direksi di PT Vale

Mela Syaharani
3 April 2024, 16:59
pt vale indonesia, vale, divestasi, menteri esdm, kementerian esdm, direksi dan komisaris
Arief Kamaludin|KATADATA
Pekerja PT Vale Indonesia Tbk.
Button AI Summarize

Menteri ESDM Arifin Tasrif melaporkan rincian perubahan susunan direksi PT Vale Indonesia Tbk pasca divestasi saham pada akhir Februari 2024 lalu.

Secara susunan komisaris, Vale Canada Limited (VCL) yang awalnya mengisi empat posisi akan berubah menjadi tiga kursi saja. Sedangkan MIND ID semula hanya dua kursi kini akan menempati tiga kursi komisioner. Sehingga porsi komisaris VCL maupun MIND ID memiliki jumlah yang sama.

“Dengan adanya penambahan divestasi 14% kepada RI, maka terjadi perubahan komposisi saham yang juga akan diikuti oleh susunan komisaris dan direktur,” kata Arifin dalam Rapat Kerja bersama Komisi VII DPR RI pada Rabu (3/4).

Sementara untuk kursi komisioner dari Sumitomo Metal Mining Co. Ltd. dan pihak independen tidak memiliki perubahan setelah divestasi saham ditandatangani.

Adapun untuk susunan direksi, MIND ID yang awalnya hanya memperoleh jatah satu kursi, selepas divestasi ini akan menempati dua kursi.

Tidak hanya MIND ID setelah divestasi ini juga terjadi penambahan kursi direksi bagi pihak independen. Sementara jatah untuk Vale Canada tidak memiliki perubahan, tetap mendapatkan jatah dua kursi direksi.

Arifin merinci, MIND ID sebagai pemegang saham terbesar akan memiliki hak untuk menominasikan komisaris utama, dua orang komisaris, presiden direktur atau chief executive officer (CEO), dan direktur yang bertanggung jawab terhadap sumber daya manusia (Chief of Human Capital).

“Vale Canada akan memiliki hak untuk menominasikan wakil komisaris utama, dua orang komisaris lain, serta direktur operasi (chief operating officer/COO) dan direktur terkait sustainability (chief of sustainability and corporate affairs),” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...