Konsumsi BBM Meningkat Jelang Lebaran, Permintaan Pertamax Tertinggi

Ferrika Lukmana Sari
9 April 2024, 12:11
BBM
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.
Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) kedalam alat ukur di SPBU Pertashop Rest Area 487 A, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (1/4/2024). Unit Pelaksana Teknis Metrologi Legal Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Boyolali melakukan tera ulang pompa ukur bahan bakar minyak di 26 SPBU jalan arteri dan Pertashop di resta area di wilayah Boyolali menjelang arus mudik lebaran 2024 sebagai upaya melindungi konsumen agar mengetahui hasil kebenaran ukuran alat ukur tersebut, sehingga konsumen tidak dirugikan.
Button AI Summarize

Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina pada H-3 idulfitri atau Minggu (7/4) meningkat. Kenaikan pada gasoline mencapai 3,7%, gasoil 0,6%, dan kerosene 5,5%. Kenaikan tertinggi terjadi pada Pertamax 70,6%.

“Rerata realisasi harian BBM dibandingkan penjualan normal selama masa Satgas RAFI 2024 naik. Pemudik diimbau memastikan kondisi BBM cukup untuk mengantisipasi antrean di perjalanan,” kata Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan dalam keterangan tertulis dikutip Selasa (9/4).

Riva menyatakan, Pertamina Patra Niaga akan terus melakukan pemantauan untuk memastikan BBM tetap aman. Pemantauan dilakukan secara langsung ke lapangan dan juga secara sistem digital melalui Pertamina Integrated Enterprise Data and Command Center (PIEDCC).

"Di PIEDCC, kami dapat melihat stok setiap SPBU berikut jadwal pengirimannya, bahkan kami juga dapat memantau SPBU melalui CCTV mereka yang sudah terintegrasi ke sistem Pertamina, semua real time," kata Riva.

Riva merinci kenaikan konsumsi BBM Pertalite sebesar 26,9% dan Pertamax juga meningkat 70,6% jelang idulfitri. Kenaikan konsumsi hampir terjadi di semua jenis BBM.

Konsumsi Pertalite juga naik 26,9%, Pertamax naik 70,6%, Pertamax Turbo naik 33,3%, Solar turun 4,1%, Dexlite naik 28,3%, Pertamina Dex naik 32,2%, dan Kerosene naik 42,5%.

Halaman:
Reporter: Ferrika Lukmana Sari
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...