PLN Siapkan 1.299 SPKLU Selama Libur Idul Fitri, Transaksi Melonjak

Syahrizal Sidik
9 April 2024, 19:00
PLN Siagakan 1.299 Unit SPKLU di 879 Lokasi Selama Libur Idul Fitri
ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/YU
Warga mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Jakarta.
Button AI Summarize

Pemerintah menyediakan 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 879 lokasi di seluruh Indonesia selama periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2024. 

SPKLU tersebut bakal beroperasi 24 jam. Berdasarkan laporan yang diterima Posko Nasional Sektor ESDM, konsumsi SPKLU selama arus mudik tahun ini mengalami peningkatan hingga mencapai lima kali lipat jika dibandingkan dengan libur Hari Raya Idul Fitri tahun sebelumnya.

Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi mengatakan selama masa Siaga RAFI 2024, sudah disiapkan SPKLU mulai dari kantor Unit Induk, Unit Pelaksana dan Jalur Tol serta beberapa hotel yang siap untuk mendukung kendaraan listrik. 

“Untuk mengamankan pasokan konsumsi listrik penggunan kendaraan EV yang mudik PLN mengatur jarak rata-rata jarak antar SPKLU sekitar 23 km, sementara jarak tempuh rata-rata EV mencapai 300-350 km,” kata Agus, dalam keterangan resminya, Selasa (9/4).

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menyebut PLN telah telah menyediakan SPKLU di semua rest area di jalur-jalur mudik tol Trans Sumatra-Jawa. Sebelumnya Darmawan juga telah melakukan peninjauan di SPKLU rest area tol 656B Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur pada Sabtu, (06/04).

“Pada mudik tahun-tahun sebelumnya, SPKLU hanya terdapat pada rest area tertentu saja. Sekarang, setiap rest area ada SPKLU yang siap melayani kebutuhan pemudik,” ujar Darmawan usai inspeksi langsung kesiapannya SPKLU di tol Jakarta - Merak km 13,5 Tangerang, Banten pada Senin, (08/04) kemarin. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...