Produksi Minyak Capai 581 Ribu bph, SKK Migas: Ada Tren Meningkat

Mela Syaharani
24 April 2024, 16:56
produksi minyak, skk migas, produksi migas
Katadata / Trion Julianto
SKK Migas dan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) melakukan peninjauan pompa angguk di lokasi Sumur Bor Lapangan Duri, Riau (30/12/2022).
Button AI Summarize

SKK Migas melaporkan realisasi produksi atau lifting minyak nasional pada April 2024 mencapai 581 ribu barel per hari (bph). Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Hudi D. Suryodipuro mengatakan angka ini sudah menunjukkan tren peningkatan produksi minyak nasional.

“Kami mengharapkan dukungan para pemangku kepentingan yang terkait, agar seluruh program seperti reaktivasi sumur, pemboran, well service dan lainnya bisa dilaksanakan semuanya, sehingga tren produksi yang naik lagi bisa dipertahankan sehingga di akhir tahun ini produksi minyak lebih tinggi lagi dari saat ini,” kata Hudi melalui siaran pers, Rabu (24/4).

Sebagai informasi, berdasarkan laporan Kementerian ESDM pada awal bulan ini capaian lifting minyak pada kuartal I 2024 mencapai 563 ribu bph. Jika dibandingkan dengan realisasi April, menandakan adanya peningkatan produksi sebanyak 18 ribu bph atau 3% dibandingkan kuartal I kemarin.

Guna mendorong tambahan produksi migas, saat ini SKK Migas sedang melakukan akselerasi penyelesaian proyek-proyek hulu migas yang pada 2024 ditargetkan dapat diselesaikan 15 proyek hulu migas.

Proyek-proyek ini akan memberikan tambahan produksi minyak sebesar 46.837 barel minyak per hari (BOPD) dan tambahan produksi gas sebesar 351 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) dan 192 MT/D LPG.

“Kami optimis dengan investasi yang terus meningkat sejak 2021 hingga saat ini, serta semakin masifnya berbagai program serta keberhasilan menjaga fasilitas produksi beroperasi secara optimal, serta selesainya proyek-proyek hulu migas, maka upaya mendorong peningkatan produksi minyak dan gas dapat terwujud,” ujarnya.

Untuk mendukung keberlanjutan industri hulu migas dalam jangka panjang, Hudi menginformasikan bahwa SKK Migas sedang mendorong akselerasi dari setiap penemuan agar dapat segera diproduksikan, termasuk giant discovery di North Ganal dan Layaran-1.

“Ini adalah upaya kami yang tidak hanya mengejar target jangka pendek, tetapi juga memastikan kontribusi industri hulu migas dalam jangka panjang untuk mendukung ketahanan energi dan pembangunan nasional”, ucap Hudi.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...