Uni Eropa Siapkan Sanksi Baru Untuk Tekan Ekspor LNG Rusia

Happy Fajrian
26 April 2024, 18:34
uni eropa, lng, rusia, sanksi, gas alam
PT Pelindo Energi Logistik
Ilustrasi kapal tanker LNG.
Button AI Summarize

Komisi Eropa siap untuk mengusulkan sanksi baru yang menargetkan impor gas alam cair (LNG) Rusia. Uni Eropa berupaya untuk mencegah LNG yang diimpor ke kawasannya dialihkan ke tujuan lain atau trans-shipment.

“Langkah-langkah yang diusulkan akan mencakup larangan pengiriman di dalam UE dan sanksi terhadap tiga proyek LNG Rusia,” kata sumber yang mengetahui masalah ini seperti dikutip dari Reuters, Jumat (26/4).

Keputusan Komisi Eropa ini diambil di tengah meningkatnya kekhawatiran atas ketergantungan Eropa pada energi Rusia, khususnya setelah konflik yang sedang berlangsung di Ukraina.

Meskipun UE memberlakukan larangan impor minyak melalui laut dari Rusia pada awal tahun ini, sejauh ini UE menahan diri untuk mengambil tindakan serupa terhadap impor LNG.

Namun, dengan melonjaknya impor LNG Rusia sejak awal perang, yang mencakup sekitar 15% pasokan gas Uni Eropa, tekanan terhadap Brussels untuk bertindak semakin meningkat.

Usulan larangan trans-shipment di dalam UE bertujuan untuk mencegah pengalihan kargo LNG Rusia ke tujuan lain. Saat ini, Belgia, Perancis, dan Spanyol adalah importir LNG Rusia terbesar, dan banyak dari impor tersebut diekspor kembali ke negara lain, termasuk Cina.

Dengan memberlakukan larangan trans-shipment, UE berharap dapat memastikan bahwa LNG Rusia tidak sampai ke pasar di luar Eropa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...