Pertamina EP Tajak Sumur Eksplorasi Migas Buah Merah di Papua

Mela Syaharani
30 April 2024, 14:49
tajak sumur migas, pertamina, eksplorasi migas,
Pertamina EP
Ilustrasi.
Button AI Summarize

SKK Migas bersama Pertamina EP Zona 14 Papua Field melakukan tajak sumur eksplorasi Buah Merah (BMR)-001 yang berlokasi di Distrik Klasafet, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, pada Senin, (29/4).

Sumur BMR-001 akan dibor secara berarah menggunakan BMS#01 Land Rig berkekuatan (750 HP) dengan rencana kedalaman akhir sumur 455 meter measured depth (mMD) dan durasi pekerjaan ditargetkan selama 49 hari.

Pemboran sumur eksplorasi ini bertujuan untuk menguji dan mengevaluasi potensi kandungan migas yang terdapat pada Formasi Kais, dengan estimasi cadangan minyak sebesar 11,22 MMBO.

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua dan Maluku Subagyo dalam sambutan menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang selalu mendukung aktivitas hulu migas.

Sebagai informasi, proses pengadaan tanah dan upacara adat Sumur eksplorasi Buah Merah (BMR-001) bersama pemilik hak Ulayat (marga Idik) dilakukan sejak 15 September 2021. SKK Migas-KKKS Pertamina EP membutuhkan waktu 3 tahun lebih dalam komunikasi dan koordinasi bersama PT.HIP (pemilik lahan kelapa sawit).

Tentu tidak terlepas dari dukungan dan sinergitas dari Pemerintah daerah Provinsi PBD dan Kabupaten Sorong bersama Forkopimda daerah, yang pada hari ini kita dapat melakukan Tajak Sumur BMR-001.

“Pemboran sumur eksplorasi sumur Buah Merah (BMR-001) di Kepala Burung, adalah dalam rangka untuk mengoptimalkan potensi minyak dan gas di Papua Barat Daya dalam menemukan sumber cadangan migas untuk menambah produksi dan mendukung pemenuhan kebutuhan nasional,” kata Subagyo, dikutip Selasa (30/4).

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...