Tak Naikkan Harga BBM Mei 2024, Pertamina: Dukung Stabilitas Ekonomi

Mela Syaharani
2 Mei 2024, 12:05
harga bbm, pertamina,
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.
Pengemudi mobil boks mengisi BBM jenis solar subsidi di salahsatu SPBU, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/5/2023).
Button AI Summarize

PT Pertamina (Persero) tidak menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi pada Mei 2024 meskipun harga minyak dunia meningkat dan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika melemah. Sedangkan SPBU swasta seperti Shell, BP, Vivo, kompak menaikkan harga.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan keputusan ini mengacu pada Kepmen ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi harga JBU atau BBM non subsidi. Dalam aturan ini, formulasi harga BBM di antaranya dipengaruhi oleh nilai tukar dolar AS dan MOPS.

“Penyesuaian harga BBM nonsubsidi memang mengacu pada regulasi. Namun pada kondisi saat ini kami mendukung upaya Pemerintah untuk menjaga stabilitas perekonomian," kata Irto dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (2/5).

Ini merupakan kali keempat Pertamina memutuskan untuk tidak merubah harga BBM non subsidi mereka. Penyesuaian harga terakhir kali dilakukan pada Januari 2024 lalu.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan mengatakan ketegangan geopolitik dan pengurangan pasokan OPEC+ telah mengerek harga minyak dunia tahun ini naik hampir 18%.

Di tengah kenaikan harga minyak mentah dunia, Pertamina Patra Niaga akan terus menjaga pasokan BBM nasional serta stabilitas harga.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...