Sekjen ESDM Jabat Plt Dirjen Migas Usai Mundurnya Tutuka Ariadji

Mela Syaharani
2 Mei 2024, 15:01
dirjen migas, kementerian esdm
Arief Kamaludin | Katadata
Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana akan menjabat sebagai Plt Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi setelah mundurnya Tutuka Ariadji.
Button AI Summarize

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Tutuka Ariadji melepas jabatannya per 1 Mei 2024 untuk kembali mengajar di almamaternya Institut Teknologi Bandung (ITB). Selanjutnya, Sekretaris Jenderal ESDM Dadan Kusdiana akan mengemban tugas yang ditinggalkan Tutuka.

“Saat ini Pak Sekjen ditunjuk sebagai Plt,” kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi kepada Katadata.co.id pada Kamis, (2/5).

Meski menggantikan Tutuka, Agus menyebut peran Dadan ini hanya bersifat sementara. “Sampai ada pejabat definitif (Keputusan Presiden),“ ujarnya.

Pelepasan jabatan Tutuka ini disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Migas Maompang Harahap dalam Townhall Meeting di kantor Ditjen Migas pada Selasa (30/4). Maompang mengucapkan terima kasih atas dedikasi Tutuka yang menjabat sebagai Dirjen Migas sejak 6 November 2020 hingga 1 Mei 2024.

“Kami sangat berterima kasih semoga apa yang sudah berikan kepada kami dan Kantor Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi menjadi ladang amal ibadah Bapak,” kata Maompang dalam siaran pers, dikutip Kamis (2/5).

Untuk diketahui, Dadan Kusdiana telah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM sejak 31 Juli 2023. Dia diangkat berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 101/TA Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Sebelum menjabat sebagai Sekjen, Dadan menjabat sebagai Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) sejak 2020-2023.

Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...