Kata Dirut MIND ID Soal Dirty Nickel: Kampanye Negatif untuk Nikel RI

Mela Syaharani
21 Juni 2024, 13:03
MIND ID, nikel
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Logo MIND ID
Button AI Summarize

Perusahaan holding pertambangan negara, MIND ID, mengatakan kampanye dirty nickel atau nikel kotor yang ditujukan ke Indonesia merupakan salah satu dampak dari keberhasilan pertambangan negara ini.

“Negara lain merasa terancam, maka mereka mengusung kampanye negatif bagi produk pertambangan kita,” kata Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso dalam acara MINDialogue di Jakarta pada Kamis (21/6). Tujuan kampanye negatif itu adalah agar produk nikel Indonesia tidak kompetitif.

Dalam konteks geopolitik, Indonesia juga dihadapkan dengan masalah gugatan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) terkait larangan ekspor nikel mentah. “Ini harus dihadapi, kita harus bisa berkiprah di pasar global,” ujarnya.

Untuk menyikapi kondisi tersebut, Indonesia harus mengambil kebijakan politik luar negeri non-blok. “Artinya, jangan sampai lebih berat partisan kepentingan timur, barat, ataupun Cina. Tetapi tetap membuka kerja sama dengan mitra yang bisa memberikan win-win solution,” ucap Hendi.

Dirty Nickel

Kampanye dirty nickel mulai muncul pada 2021 silam. Berbagai pihak global mengatakan penambangan nikel Indonesia belum ramah lingkungan. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pernah menanggapi kampanye ini.

Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM saat itu, Ridwan Djamaluddin, mengatakan pemerintah sudah mengatur agar kegiatan pertambangan  menerapkan konsep berkelanjutan. Namun, dia mengakui saat ini tekanan dari dunia internasional terhadap komoditas nikel Indonesia terus berdatangan. 

"Pertambangan kita sudah diatur agar menerapkan kaidah pertambangan yang baik," ujarnya pada Januari 2021.

Reporter: Mela Syaharani
Editor: Sorta Tobing

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...