Lakukan Stratifikasi, ESDM Pastikan Tidak Ada Kenaikan Tarif Listrik

Mela Syaharani
31 Juli 2024, 14:05
tarif listrik, esdm, listrik,
ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/tom.
Petugas menunjuk meteran listrik di Rumah Susun Benhil 2, Jakarta. Senin (1/7/2024).
Button AI Summarize

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan perluasan batas daya atau stratifikasi tarif listrik pada beberapa golongan seperti tarif traksi, curah, bisnis dan rumah tangga.

“Jadi sekali lagi, tidak ada kenaikan tarif dan ini bertujuan untuk lebih efisien,” kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman Hutajulu dalam konferensi pers di kantornya pada Rabu (31/7).

Selain efisiensi, Jisman mengatakan stratifikasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan, efisiensi dan keandalan tenaga listrik yang lebih optimal untuk pelanggan.

Regulasi terkait stratifikasi ini tercantum dalam Peraturan Menteri ESDM No. 7 Tahun 2024 terkait karakteristik yang disediakan oleh PLN.

“Jadi tarif ini sebenarnya bukan revisi, tapi tarif baru untuk melengkapi yang sudah lama, yaitu dalam aturan Kementerian ESDM Nomor 28 Tahun 2016,” ujarnya.

Jisman mengatakan Kementerian ESDM telah menyiapkan aturan ini sejak lama. Dalam prosesnya pun, pihaknya telah mengkaji bersama universitas Gadjah Mada jika pemerintah memperluas tarif listrik.

Selain itu, dia juga menyebut pihaknya telah melakukan forum diskusi grup secara intensif bersama kementerian, lembaga terkait, termasuk juga Komisi VII DPR RI.

“Sehingga kami yakin bahwa tarif ini menguntungkan untuk kita semua baik untuk Pemerintah, PLN, dan pelanggan,” ucapnya.

Jisman menyampaikan, stratifikasi ini juga menyasar untuk pengembangan dan pertumbuhan ekosistem EV, termasuk Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Terdapat 4 golongan pelanggan PT PLN (Persero) yang mengalami pelebaran daya yaitu:

  1. Rumah Tangga Tegangan Rendah (R-3/TR) daya 6.600 VA s.d 200 kVA dilebarkan ke Tegangan Menengah (R-3/TM) daya di atas 200 kVA
  2. Bisnis Tegangan Menengah (B-3/TM) daya di atas 200 kVA dilebarkan ke Tegangan Tinggi (B-3/TT) daya 30.000 kVA ke atas
  3. Traksi Tegangan Menengah (T/TM) daya di atas 200 kVA dilebarkan ke Tegangan Tinggi (T/TT) daya 30.000 kVA ke atas
  4. Curah Tegangan Menengah (C/TM) daya di atas 200 kVA dilebarkan ke Tegangan Rendah (C/TR) daya s.d. 200 kVA dan Tegangan Tinggi (C/TT) daya 30.000 kVA ke atas

Reporter: Mela Syaharani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...