Pertamina Pastikan BBM Subsidi Pertalite Tetap Disalurkan pada 1 September 2024

Mela Syaharani
31 Agustus 2024, 08:24
Pertalite pertamina
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/YU
Petugas melayani warga yang melakukan pendaftaran subsidi tepat Pertalite di SPBU kawasan Seminyak, Badung, Bali, Rabu (28/8/2024).
Button AI Summarize

PT Pertamina Patra Niaga menyebut tidak ada rencana penghentian distribusi Pertalite pada 1 September 2024. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari menyatakan penyaluran Pertalite akan terus dilakukan sesuai penugasan yang diberikan pemerintah. 

"Masyarakat tidak perlu termakan berita hoaks. Pertalite akan terus kami salurkan sesuai kuota yang ditetapkan pemerintah," kata Heppy seperti dikutip Sabtu (31/8). 

Pertamina Patra Niaga menyebut akan terus mendukung upaya pemerintah agar subsidi tepat sasaran. Salah satunya dengan mendata pengguna BBM Subsidi melalui pendaftaran QR Code yang dapat dilakukan pada laman www.subsiditepat.mypertamina.id.

Heppy menyampaikan, wilayah pendaftaran QR Code Pertalite dilakukan secara bertahap dan hanya khusus untuk kendaraan roda empat. Saat ini pendaftaran QR Code Pertalite difokuskan di wilayah Jawa, Madura, Bali (JAMALI) dan sebagian wilayah non-Jamali yaitu Kepri, NTT, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu dan Kabupaten Timika.

“Diharapkan tahap satu bisa tercapai 100% pada akhir september 2024. Sisanya akan dilakukan tahap kedua yang direncanakan paling cepat pada Oktober- November 2024,”ujar Heppy.

Pertamina Patra Niaga melaporkan hingga saat ini jumlah pendaftar yang terverifikasi dan telah mendapat QR Code mencapai 3,9 juta.

“Bagi masyarakat pengguna Pertalite yang belum melakukan pendaftaran, diharapkan segera melakukannya untuk memastikan akses subsidi BBM yang tepat sasaran,” ucapnya.

Pendaftaran Penerima BBM Subsidi

Pertamina memberikan kesempatan kepada masyarakat  untuk melakukan registrasi. Informasi lebih lanjut terkait program subsidi tepat Pertalite masyarakat dapat mengunjungi website https://subsiditepat.mypertamina.id dan menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135.

Dokumen syarat pendaftaran penerima BBM subsidi pertalite: 

  • Foto KTP
  • Foto diri
  • Foto STNK (tampak depan dan belakang)
  • Foto kendaraan tampak keseluruhan
  • Foto kendaraan tampak depan nomor polisi
  • Foto KIR bagi kendaraan pengguna KIR. 
  • Seluruh dokumen agar dipastikan terbaca dengan jelas dan dikirim dalam format foto (jpg). 
  • Memastikan foto yang diunggah jelas tidak pecah dengan resolusi tinggi agar memudahkan proses verifikasi.

Reporter: Mela Syaharani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...