Proyek Kereta Paling Banyak Dicoret dari Daftar Proyek Strategis

Ameidyo Daud Nasution
18 April 2018, 14:15
Proyek Kereta Bandara
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Separuh dari proyek infrastruktur yang dikeluarkan dari daftar strategis merupakan proyek kereta api. Komite Percepatan Penyelesaian Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mengungkapkan proyek kereta lebih banyak dicoret karena dinilai tidak dapat dimulai pembangunannya hingga kuartal III tahun depan.

Dari data KPPIP, totalnya ada 14 proyek yang dikeluarkan dari lampiran Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2017 tentang proyek strategis nasional (PSN). Dari 14 proyek tersebut, 7 proyek kereta yang dicoret adalah Kereta Api Kertapati - Simpang - Tanjung Api-api, Kereta Api Muara Enim - Pulau Baai, Kereta Api Jambi - Pekanbaru, Kereta Api Jambi - Palembang, Rel Kereta Api Kalimantan Timur, serta Mass Rapid Transit East - West. Total nilai tujuh proyek tersebut mencapai Rp 236,6 triliun.

"14 proyek dihilangkan statusnya sebagai PSN karena tidak dapat memenuhi estimasi waktu proyek," demikian keterangan KPPIP, Rabu (17/4). "Jadi itu karena proyek sudah tidak memenuhi kriteria PSN."

(Baca: Realisasi Lambat, Pemerintah Coret 14 Proyek dari Daftar Strategis)

Tujuh proyek lain yang dicoret nilainya mencapai Rp 264 triliun. proyek tersebut adalah Tol Waru - Wonokromo - Tanjung Perak, Tol Sukabumi - Ciranjang - Padalarang, Bandara Sebatik, Sistem Penyediaan Air Minum Medan - Binjai - Deli Serdang (Mebidang), Bendungan Telaga Waja, Bendungan Pelosika, dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Merauke. 

Tahun lalu, KPPIP juga mencatat 10 proyek strategis senilai Rp 61,5 triliun yang sudah selesai terbangun. Proyek tersebut  adalah Tol Soreang - Pasirkoja, Tol Mojokerto - Surabaya, Akses Tanjung Priok, Bandara Radin Inten II, Pengembangan Lapangan Jangkrik dan Jangkrik North East Wilayah Kerja Muara Bakau, Bendungan Teritip, Pembangunan Saluran Irigasi Umpu Sistem, serta tiga Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yakni Nanga Badau, Aruk, dan Wini.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...