Pemerintah Jajakan Tiga Sektor Bisnis ke Investor Eropa

Desy Setyowati
2 Februari 2017, 18:24
Pantai wisata
Agung Samosir (Katadata)

Pemerintah tengah berupaya menggaet lebih banyak dana investasi dari pemodal asal Eropa. Ada tiga sektor peluang investasi yang ditawarkan dan diklaim bakal tetap menguntungkan di tengah ketidakpastian ekonomi dan politik dunia. 

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro menyebutkan, tiga sektor yang dimaksud yaitu pertanian, manufaktur, dan pariwisata. “Kami menempatkan prioritas pada (sektor) pertanian, manufaktur dan pariwisata. Kami ingin memastikan jika Anda ingin kesempatan di Indonesia silahkan lihat di tiga sektor,” katanya kepada investor Uni Eropa yang menghadiri acara Eurocham Investment Outlook 2017 di Jakarta, Kamis (2/2).

Advertisement

Ia mengatakan, pemerintah optimistis sektor pertanian bakal tumbuh 3,4-3,7 persen tahun ini. Adapun peluang bisnis di industri perikanan masih terbuka lebar.

Potensi besar juga dimiliki sektor pariwisata. Apalagi, tahun ini, pemerintah fokus mengembangkan 10 tujuan wisata terintegrasi dengan membangun infrastruktur pendukungnya. (Baca juga: Dukung Pemerintah Genjot Pariwisata, Pelni Siapkan Kapal Pesiar)

Bambang mengklaim, pariwisata Indonesia banyak dilirik wisatawan Eropa, utamanya asal Perancis, Spanyol, dan Italia. Tahun lalu saja, Indonesia kedatangan 80 juta wisawatan asal Perancis dan 60 juta wisatawan Italia. (Baca juga: Indonesia Kedatangan 10,41 juta Turis Asing, Terbanyak dari Cina)

Di sisi lain, pemerintah terus berkomitmen memperbaiki kemudahan berbisnis (Ease of Doing Bussines/EODB) agar investor tak kesulitan dalam menjalankan bisnisnya. Komitmen itu terbukti dari kenaikan peringkat kemudahan berbisnis Indonesia sebanyak 15 poin ke posisi 91 dunia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement