Menteri Perdagangan Baru Janjikan Tekan Harga Pangan

Maria Yuniar Ardhiati
28 Juli 2016, 12:10
Pasar Tradisional
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita sudah mengidentifikasi salah satu fokus utama pekerjaannya yaitu menekan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok. Fokus pekerjaan itu juga merupakan arahan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kami beri jaminan berusaha (turunkan harga pangan) asalkan dia (pedagang) tidak ambil margin besar,” kata Enggar saat serah terima jabatan Menteri Perdagangan dengan Thomas Lembong di Jakarta, Rabu (27/7) sore.

Ia mengatakan tidak menutup pintu untuk impor pangan. Namun, Enggar meminta produksi dalam negeri dapat ditingkatkan dalam jangka panjang. Yang menjadi pertimbangan adalah kerawanan pangan global yang bisa terjadi kapan saja.

Untuk itu, pemerintah akan menyediakan fasilitas bagi para pedagang, asalkan mereka membuat pembiakan di dalam negeri. (Foto: Jokowi Lantik Wajah Baru Kabinet Kerja)

Namun, stabilisasi harga pangan tidak dapat dilakukan Kementerian Pedagangan sendiri. Oleh karena itu, Enggar mengatakan akan segera berkoordinasi dengan tiga kementerian, yaitu Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, serta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...