Banyak Orang Renovasi Rumah, Industri Furnitur Kinclong saat Pandemi

Cahya Puteri Abdi Rabbi
21 September 2021, 10:25
industri, furniture, pandemi
Informa.co.id
Ilustrasi produk furnitur dan perabot rumah tangga. Informa merambah bisnis gerai furnitur premium di Alam Sutera, Tangerang.

Pandemi Covid-19 membawa berkah bagi industri furnitur domestik. Banyaknya orang yang merenovasi rumah demi kenyamanan beraktivitas, bekerja ataupun belajar di dalam rumah membuat permintaan produk furnitur naik selama pandemi.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyebutkan adanya peralihan atau reorganisasi secara signifikan belanja rumah tangga masyarakat, dari yang untuk hiburan, pariwisata atau transportasi, menjadi kebutuhan untuk menata dan merenovasi rumah.

“Bahkan, aktivitas belanja online selama pandemi juga mendukung peningkatan penjualan furnitur, baik memenuhi pasokan pasar domestik maupun ekspor,” tutur Agus dalam keterangan resminya, Senin (20/9).

Kenaikan terlihat dari pertumbuhan industri furnitur sebesar 8,04% pada triwulan I tahun 2021. Pada kuartal I tahun 2020, furnitur terkontraksi 7,28%.
“Artinya, industri furnitur dan kerajinan terbukti memiliki tingkat resiliensi yang tinggi di saat pandemi,” kata Mantan Menteri Sosial tersebut.

Tidak hanya di pasar domestik, permintaan produk furnitur juga naik di tengah pandemi. Kemenperin mencatat, nilai ekspor produk furnitur menembus US$1,91 miliar pada tahun 2020 , meningkat 7,6% dibandingkan tahun 2019 yang mencapai US$1,77 miliar.

Negara tujuan ekspor terbesar furnitur Indonesia tahun 2020, antara lain adalah Amerika Serikat, Jepang, Belanda, Belgia, dan Jerman.

“Daya beli pasar terhadap produk furnitur dan kerajinan yang masih tinggi ini perlu untuk terus kita respons dengan penyediaan akses alternatif promosi produk,” ujarnya.

 Kendati terbukti memiliki daya tahan terhadap pandemi, Kementerian Perindustrian akan tetap berupaya meningkatkan pertumbuhan industri furnitur, termasuk daya saing. Terlebih, furnitur adalah salah satu produk andalan ekspor utama Indonesia.

Guna lebih memacu produktivitas dan daya saingnya, Kementerian Perindustrian terus menjaga ketersediaan bahan baku dan mendorong pelaku industri furnitur untuk aktif melakukan inovasi.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...