PUPR Perbaiki 97 Jalan dan Jembatan di NTT yang dirusak Siklon Seroja

Andi M. Arief
28 Januari 2022, 09:15
kementerian pupr, siklon seroja, ntt, jalan, jembatan
Kementerian PUPR
Ilustrasi jembatan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan dan perbaikan 97 infrastruktur konektivitas darat di NTT pada bulan ini. Seperti diketahui, puluhan jembatan dan jalan rusak dan tertimbun tanah longsor akibat Badai Siklon Tropis Seroja pada April 2021.

Kepala Satuan Tugas Pelaksana Penanggulangan Bencana NTT dan NTB Kementerian PUPR Widiarto mengatakan percepatan pembangunan jembatan dan longsoran pada ruas jalan nasional merupakan komitmen bersama antara pemerintah pusat dan daerah.

Penanganan infrastruktur terdampak bencana banjir di NTT dapat memulihkan fungsi dan kondisi secara permanen. "Dengan selesainya pembangunan jembatan diharapkan arus logistik barang kebutuhan masyarakat berjalan lancar sejak terputus April lalu saat bencana," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (28/1).

Kementerian PUPR mencatat masih ada delapan lokasi terdampak bencana di NTT yang baru rampung pada Februari 2022. Beberapa infrastruktur tersebut yaitu Jembatan Termanu sepanjang 100 meter di Kabupaten Timor Tengah Utara dan tujuh lokasi penanganan jalan dan jembatan di Kabupaten Alor oleh PT PP.

Secara rinci, pemerintah telah menyelesaikan perbaikan dan pembangunan infrastruktur konektivitas darat di 76 lokasi per Desember 2021. Per Januari 2022, pengerjaan di sebanyak 21 lokasi telah selesai.

Adapun, pengerjaan konstruksi yang dilakukan adalah penanganan jembatan selesai lainnya adalah 13 jembatan kecil di Kabupaten Kupang. Salah satu proyek penganan jembatan besar dilakukan pada Jembatan Benain sepanjang 125 meter yang dikerjakan oleh PT Wijaya Karya Tbk.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...