13 Pelabuhan Dibangun di Sekitar Danau Toba, 3 Diresmikan Jokowi Besok

Image title
Oleh Maesaroh
1 Februari 2022, 07:49
Danau Toba, Jokowi
Kementerian Perhubungan
Pelabuhan Penyebrangan di sekitar wilayah Danau Toba

Kementerian Perhubungan membangun sebanyak 13 pelabuhan penyeberangan untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara. Tiga dari 13 pelabuhan tersebut siap diresmikan Presiden Joko Widodo, atau Jokowi, besok, Rabu (2/2).

Ke-13 pelabuhan tersebar di tujuh kabupaten. Empat pelabuhan masing-masing dibangun di Kabupaten Toba dan Kabupaten Samosir

Satu pelabuhan masing-masing dibangun di Kabupaten Simalungun, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Karo, dan di Kabupaten Dairi.

Sebanyak tujuh diantaranya sudah selesai dibangun dan akan segera diresmikan. Sementara enam lainnya saat ini tengah dilakukan proses pembangunan.

 Adapun pelabuhan penyeberangan yang akan segera diresmikan yaitu Pelabuhan Penyeberangan Ajibata dan Balige (Kabupaten Toba), Simanindo (Kab. Samosir), Tigaras (Kab. Simalungun), Muara (Kab. Tapanuli Utara), Baktiraja (Kab. Humbang Hasundutan), dan Tongging (Kab. Karo).

Sementara itu,  pelabuhan penyeberangan yang tengah dibangun yaitu Pelabuhan Penyeberangan Silalahi (Kab. Dairi), Ambarita, Onan Runggu, dan Sipinggan (Kab. Samosir), Sigapiton dan Porsea (Kab. Toba).

Tiga pelabuhan penyeberangan yang akan segera diresmikan Presiden Jokowi adalah Ajibata, Simanindo dan Tigaras. 

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...