Bendungan Sadawarna Rampung Tahun Ini, Atasi Banjir di Pantura Jabar

Tia Dwitiani Komalasari
13 Mei 2022, 14:37
Bandungan Sadawarna di Subang Jawa Barat.
Humas Kementerian PUPR
Bandungan Sadawarna di Subang Jawa Barat.

Konstruksi Bendungan Sadawarna, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, telah mencapai 83%. Bendungan tersebut ditargetkan rampung Agustus 2022.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan pembangunan bendungan bertujuan untuk meningkatkan volume tampungan air. Dengan demikian, suplai irigasi ke lahan pertanian terus terjaga. Selain itu, bendungan juga berfungsi untuk menyediakan air baku dan pengendalian banjir.

Advertisement

"Pembangunan bendungan akan diikuti dengan pembangunan jaringan irigasinya, sehingga dengan adanya suplai air yang kontinu dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya satu kali tanam setahun, bisa bertambah menjadi 2-3 kali tanam,"  kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis yang disampaikan Jumat (13/5).

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Citarum Kementerian PUPR, Bastari, mengatakan, Bendungan Sadawarna merupakan salah satu Program Strategis Nasional di bidang Sumber Daya Air. Bendungan ini mampu menampung 44,61 juta m3 untuk mensuplai irigasi seluas 4.284 hektare di Kabupaten Subang dan Indramayu.

"Diharapkan suplai air irigasi dari Bendungan Sadawarna dapat membantu petani meningkatkan intensitas tanamnya jika dibandingkan dengan metode tadah hujan yang hanya satu kali dalam setahun," ujar Bastari.

Bendungan Sadawarna juga dipersiapkan untuk memasok air baku sebesar 0,36 hingga 1 m3/detik untuk Kawasan Pelabuhan Patimban dan Pantura Jawa Barat, khususnya Kabupaten Subang, Indramayu, dan Sumedang. Infrastruktur ini juga memiliki potensi sumber pembangkit listrik sebesar (PLTA) sebesar 2 MW.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement