Pabrik Tesla di Texas dan Berlin Rugi Miliaran Dolar AS

Tia Dwitiani Komalasari
23 Juni 2022, 12:11
Elon Musk menghadiri upacara pembukaan pabrik giga Tesla yang baru untuk mobil listrik di Gruenheide, Jerman, Selasa (22/3/2022).
ANTARA FOTO/REUTERS/Patrick Pleul/Pool /rwa/cf
Elon Musk menghadiri upacara pembukaan pabrik giga Tesla yang baru untuk mobil listrik di Gruenheide, Jerman, Selasa (22/3/2022).

Pabrik mobil baru Tesla Inc (TSLA.O) di Texas dan Berlin disebut mengalami kerugian miliaran dolar AS. Kondisi itu disebabkan karena kekurangan baterai dan lockdown di pelabuhan Shanghai, Cina

"Baik pabrik Berlin dan Austin adalah tungku uang raksasa saat ini. Oke? Ini benar-benar seperti suara menderu raksasa, seperti suara uang terbakar," kata CEO Tesla Inc, Elon Musk dalam sebuah wawancara dengan Tesla Owners of Silicon Valley, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (23/6).

Dia mengatakan, kondisi pabriknya di  Berlin berada dalam posisi yang sedikit lebih baik. Hal itu karena pabrik tersebut menggunakan baterai 2170 tradisional untuk produksi mobil.

 Selain kekurangan baterai, Tesla juga mengalami tantangan dari kebijakan lockdown di Shanghai. Lockdown tersebut memengaruhi produksi mobil tidak hanya di pabrik Tesla di Shanghai, tetapi juga di  di California. Hal itu karena pabrik Tesla di California menggunakan beberapa suku cadang kendaraan buatan Cina.

Tesla berencana untuk menangguhkan sebagian besar produksi di pabriknya di Shanghai dalam dua minggu pertama bulan Juli. Langkah itu dilakukan untuk meningkatkan produksi pada masa pra-lockdown.

"Dua tahun terakhir telah menjadi mimpi buruk mutlak dari gangguan rantai pasokan, satu demi satu, dan kami belum keluar darinya," kata Musk.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...