Penjualan Daihatsu Naik 38%, Model Sigra Paling Banyak Diminati

Tia Dwitiani Komalasari
10 Agustus 2022, 11:28
Petugas (kanan) menjelaskan keunggulan dari salah satu mobil keluaran terbaru kepada calon pembeli di dealer resmi Daihatsu, Banda Aceh, Aceh, Kamis (3/6/2021).
ANTARA FOTO/ Irwansyah Putra/foc.
Petugas (kanan) menjelaskan keunggulan dari salah satu mobil keluaran terbaru kepada calon pembeli di dealer resmi Daihatsu, Banda Aceh, Aceh, Kamis (3/6/2021).

Penjualan ritel Daihatsu pada periode Januari hingga Juli 2022 tercatat 107 ribu unit, atau naik sekitar 38 persen dibanding periode yang sama 2021 sebanyak 77 ribu unit. Model Sigra menjadi penopang utama penjualan tersebut.

Daihatsu juga mencatatkan market share hingga 19,6 persen. Angka tersebut naik 2,5 persen dibandingkan year to date (YTD) Juli 2021 yakni sebesar 17,1 persen.

Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, mengatakan bahwa pencapain tersebut berada di atas level normal sebelum pandemi Covid-19.

"Kami bersyukur dapat mempertahankan posisi penjualan nomor dua otomotif nasional. Pencapaian Daihatsu selama 7 bulanan ini juga telah berada di level normal seperti pada sebelum pandemi COVID-19," ucap Hendrayadi, dikutip dari Antara, Rabu (10/8).

Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu hingga Juli 2022 tetap didominasi oleh tiga model teratas, yakni Sigra, Gran Max Pick Up, dan Xenia.

Daihatsu Sigra berhasil terjual sebanyak 26.727 unit, atau berkontribusi 25 persen, disusul Gran Max Pick Up sebanyak 24.839 unit atau 23,2 persen, dan Xenia dengan raihan 14.124 unit atau 13,2 persen.

Selanjutnya terdapat Terios dengan penjualan 12.040 unit atau 11,2 persen, Ayla dengan 11.803 unit atau 11 persen, Gran Max dengan raihan 9.199 unit atau 8,6 persen, Rocky dengan 6.444 unit atau 6 persen, serta Luxio dan Sirion dengan penjualan 1.857 unit atau 1,7 persen.

Hendrayadi berharap raihan positif tersebut dapat terus berlanjut, dan lebih baik dari tahun sebelumnya. Secara nasional, pasar otomotif pada periode Januari hingga Juli 2022 mencatatkan raihan penjualan ritel sekitar 545 ribu unit, atau naik sekitar 20 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu sekitar 451 ribu unit.

 Pabrikan otomotif asal Jepang, Toyota dan Daihatsu masih menjadi penguasa pasar kendaraan di Indonesia. Kedua pabrikan tersebut menguasai lebih dari separuh penjualan mobil di tanah air.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...