KRL Solo Balapan-Palur Mulai Beroperasi 6 Kali Sehari, Ini Jadwalnya

Tia Dwitiani Komalasari
18 Agustus 2022, 09:47
Sejumlah penumpang berada didalam gerbong kereta rel listrik saat uji coba penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Klaten, Jawa Tengah, Kamis (28/1/2021). PT Kereta Commuter Indonesia akan melakukan uji coba publik KRL Solo-Jogja kepada masyarakat u
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/hp.
Sejumlah penumpang berada didalam gerbong kereta rel listrik saat uji coba penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Klaten, Jawa Tengah, Kamis (28/1/2021). PT Kereta Commuter Indonesia akan melakukan uji coba publik KRL Solo-Jogja kepada masyarakat umum pada tanggal 1 - 7 Februari 2021 dengan cara mendaftar melalui daring menggunakan aplikasi KRL Access pada telepon pintar.

Kereta Api Indonesia Commuter dan Kementerian Perhubungan RI mulai melakukan uji coba Kereta Rel Listrik (KRL) lintas Solobalapan-Palur. Pada tahap uji coba ini, KRL akan beroperasi sebanyak enam perjalanan  setiap harinya yang melayani Stasiun Palur dan Stasiun Solojebres.

Vice President Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, mengatakan bahwa uji coba pengoperasian perjalanan KRL dilakukan setelah pembangunan elektrifikasi jalur KA lintas Solobalapan-Solo Jebres-Palur selesai dilakukan oleh BTP Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah. "Pembangunan elektrifikasi jalur ini sudah dimulai pada 2020 dan selesai tahun ini," ujarnya melalui keterangan tertulis, dikutip Kamis (18/8).

Dalam pengoperasian tersebut, KAI Commuter dan KAI Daop 6 Yogyakarta juga telah melakukan persiapan untuk memenuhi standar pelayanan di Stasiun Solo Jebres dan Stasiun Palur. Persiapan itu seperti pemenuhan kursi tunggu bagi pengguna dan pengguna prioritas, toilet termasuk toilet disabilitas, guiding block (ubin disabilitas), dan kursi roda untuk pengguna disabilitas.

Pada periode awal perpanjangan layanan KRL Solo Balapan – Palur, tersedia total 6 perjalanan KRL. KRL melayani Palur – Solo Balapan – Yogyakarta pukul 06.15; 09.30 dan 15.25 WIB, sedangkan layanan KRL Yogyakarta – Solo Balapan – Palur tersedia pada pukul 08.00; 13.20 dan 18.30 WIB.

Sebelumnya, KAI Commuter bersama PT KAI Daop 6 Yogyakarta dan Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Tengah telah melakukan uji coba perjalanan KRL lintas Solobalapan hingga Stasiun Palur pada 5-6 April dan 12-13 April 2022 untuk uji sinkronisasi sarana dan prasarana. Sedangkan pada tanggal 20-26 Juni 2022 lalu dilakukan uji coba perjalanan KRL dengan pengguna terbatas.

Pihaknya berharap dengan pengoperasian perjalanan KRL pada lintas Solo Jebres-Palur ini dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan mobilisasi dengan menggunakan transportasi publik khususnya KRL menuju wilayah Surakarta, Klaten, dan Yogyakarta.

"Harapannya dengan beroperasinya perjalanan KRL ini dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah sekitar Kabupaten Karanganyar," katanya.

 Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, Kereta Commuter Indonesia (KCI) telah memiliki 1.252 unit KRL hingga Desember 2020. Sepanjang 2020, KCI telah melakukan penambahan armada sebanyak 120 kereta (KRL seri JR 205) untuk memenuhi kebutuhan sarana angkutan penumpang Jabodetabek.  Beroperasinya KRL Solo Balapan - Yogyakarta akan menambah unit tersebut.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...