Beroperasi Juli, KRL Solo Balapan-Palur Mulai Diuji Coba

Tia Dwitiani Komalasari
24 Juni 2022, 14:22
Gerbong Kereta Rel Listrik (KRL) Solo-Jogja meninggalkan stasiun saat uji coba penumpang KRL di Stasiun Klaten, Jawa Tengah, Kamis (28/1/2021). PT Kereta Commuter Indonesia akan melakukan uji coba publik KRL Solo-Jogja kepada masyarakat umum pada tanggal
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/hp.
Gerbong Kereta Rel Listrik (KRL) Solo-Jogja meninggalkan stasiun saat uji coba penumpang KRL di Stasiun Klaten, Jawa Tengah, Kamis (28/1/2021). PT Kereta Commuter Indonesia akan melakukan uji coba publik KRL Solo-Jogja kepada masyarakat umum pada tanggal 1 - 7 Februari 2021 dengan cara mendaftar melalui daring menggunakan aplikasi KRL Access pada telepon pintar.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memulai uji coba kereta rel listrik (KRL) Solo Balapan-Palur. Kereta rel listrik tersebut dijadwalkan beroperasi secara resmi pada pertengahan Juli 2022.

"Ini tadi secara teknis sudah bisa memenuhi syarat untuk KRL lintas Solo Balapan-Palur, tinggal tunggu sosialisasi kepada masyarakat," kata Dirut PT KCI, Roppiq Lutfi Azhar, di sela uji coba di Stasiun Palur, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (24/6)

Ia mengatakan, uji coba terbatas ini akan dilakukan sampai dengan Minggu (26/6). Untuk ketepatan waktu, KRL Solo Balapan-Palur hanya membutuhkan sekitar 10 menit dengan kecepatan yang disesuaikan dengan standar KRL, yakni 90 km/jam.

Roppiq mengatakan, jalur KA lintas Solo sampai dengan Palur ini sepanjang 6,7 km. Pihaknya berharap perpanjangan jalur KA Solo ini dapat meningkatkan mobilisasi masyarakat dengan waktu tempuh yang lebih cepat.

Saat ini, dia mengatakan, rata-rata volume pengguna KRL Yogyakarta-Solo pada hari kerja sebanyak 12.871 orang per hari. Sedangkan untuk rata-rata volume pengguna KRL Yogyakarta-Solo pada akhir pekan atau hari libur sebanyak 16.038 orang per hari.

Perpanjangan perjalanan KRL hingga Stasiun Palur ini diprediksi menambah pengguna KRL sebesar 12%. Sementara penambahan akhir pekan atau libur diperkirakan mencapai 11%.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...