Tol Cibitung-Cilincing Beroperasi, Bekasi ke Tj Priok Hanya 30 Menit

Andi M. Arief
20 September 2022, 16:10
Foto udara gerbang Tol Tarumajaya yang merupakan ruas Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) seksi 3 di Desa Pantai Makmur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (29/7/2022). JTCC Seksi 2 dan 3 segmen Telaga Asih-Gabus, Muara Bakti-Kanal Banjir Timur sepanjang
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Foto udara gerbang Tol Tarumajaya yang merupakan ruas Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) seksi 3 di Desa Pantai Makmur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (29/7/2022). JTCC Seksi 2 dan 3 segmen Telaga Asih-Gabus, Muara Bakti-Kanal Banjir Timur sepanjang 24,65 km akan beroperasi serta menjadi akses alternatif dari kawasan industri Bekasi menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

Presiden Joko Widodo meresmikan tol Cibitung-Cilincing yang bisa memangkas waktu perjalanan dari wilayah timur Jakarta ke Tanjung Priok dari satu jam menjadi 30 menit. Pasalnya, pengguna jalan dari bagian timur Jakarta kini tidak harus melalui Jakarta Pusat untuk menuju Tanjung Priok.

Jalan Tol Cibitung-Cilincing merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road atau JORR II. Jalan tol tersebut direncanakan akan beroperasi sepanjang 34,8 km.

Namun demikian, jalan tol yang sudah resmi beroperasi baru mencapai 27,2 kilometer, yaitu ruas Cibitung-Telaga Asih, Telaga Asih-Tambelang, dan Tambelang-Tarumajaya.

"Ruas ini menjadi ruas yang penting karena dia mengakomodasi kawasan industri yang ada di wilayah Jabodetabek bagian timur, dan 60%-70% kawasan industri di Jabodetabek ada di sebelah timur Jakarta," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit dalam peresmian Tol Cibitung-Cilincing, Selasa (20/9).

Rest area tol khusus logistik

Danang menilai salah satu fitur yang cukup unik di Tol Cibitung-Cilincing adalah konsep rest area khusus logistik seluas 40 hektar. Tempat peristirahatan tersebut akan menjadi pusat konsolidasi kendaraan niaga yang membawa kontainer yang akan masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...