Tol Bocimi dan Cimanggis-Cibitung Seksi 2 Ditargetkan Rampung 2022

Pembangunan tol Bocimi masih membutuhkan Penyertaan Modal Negara 2022, namun tetap ditargetkan rampung akhir tahun ini.
Tia Dwitiani Komalasari
20 September 2022, 10:22
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Bogor, Ciawi, Sukabumi (Bocimi) di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran Tol Bocimi terpantau lancar.
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya.
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Tol Bogor, Ciawi, Sukabumi (Bocimi) di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran Tol Bocimi terpantau lancar.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk fokus menyelesaikan dua proyek ruas Jalan Tol Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 dan ruas Cimanggis-Cibitung (CCT) Seksi 2. Dua ruas jalan tol tersebut ditargetkan rampung akhir 2022.

SVP Corporate Secretary Waskita, Novianto Ari Nugroho mengatakan Bocimi adalah ruas tol yang menghubungkan antara Kota Jakarta, Bogor, dan Sukabumi. Pembangunan tol ini merupakan bagian dari rencana pemerintah untuk meningkatkan aksesibilitas kawasan dan meningkatkan perekonomian.

"Ruas tol ini terletak pada pusat kegiatan wilayah (PKW) Sukabumi yang termasuk dalam kawasan pengembangan wilayah dan berkaitan erat dengan upaya penyediaan infrastruktur transportasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah di sekitarnya, pusat kegiatan industri, simpul transportasi, dan pusat jasa publik dengan skala beberapa kabupaten,” kata Novianto dalam keterangannya di Jakarta, Senin  (20/9).

Sementara itu, ruas Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 km adalah bagian dari JORR II. Jalan lingkar luar yang dibangun untuk mengatasi kelebihan beban JORR I yang membentang dari Cengkareng-Kunciran-Serpong-Cinere-Jagorawi-Cimanggis-Cibitung-Cilincing sepanjang 110 km. Novianto mengatakan, ruas tol ini dapat mempermudah aksesibilitas atau mobilisasi kendaraan dari Jawa Barat ke Jakarta ataupun sebaliknya. 

Novianto mengatakan bahwa kedua ruas tol ini akan segera selesai pekerjaannya di akhir tahun 2022. Pasalnya kedua ruas tol tersebut termasuk proyek yang mendapat tambahan suntikan dana penyertaan modal negara (PMN) 2021.

Advertisement

“Untuk ruas Tol Bocimi penyelesaian pembangunannya masih membutuhkan tambahan alokasi dana PMN 2022, tapi dipastikan tetap akan rampung pada Desember 2022," katanya.

Dia juga menambahkan, untuk ruas Tol Cimanggis-Cibitung juga akan selesai pada akhir tahun ini. PT Waskita Toll Road (WTR) telah melakukan share swap 55 persen kepemilikan sahamnya di CCT kepada PT Sarana Multi Infrastruktur untuk mempercepat penyelesaian dan beroperasinya seluruh segmen ruas Tol Cimanggis-Cibitung pada 2023.

Ruas Tol Ciawi'Sukabumi Seksi 2 mendapat alokasi dana PMN 2021 sebesar Rp637 miliar melalui anak usaha Waskita Karya yaitu WTR kepada PT Trans Jabar Tol (TJT). Sedangkan pada ruas Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2A mendapat alokasi dana PMN sebesar Rp622 miliar melalui PT Cimanggis Cibitung Toll Ways (CCT).

Menurut data Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sampai Februari 2022 total panjang jalan tol yang beroperasi di Indonesia mencapai 2.499,05 kilometer (km). Jalan tol terpanjang merupakan Trans Jawa dengan panjang 1.056,38 km yang terbagi dalam 20 ruas.

Dikuti jalan tol Trans Sumatera dengan panjang total 684,5 km yang terbagi dalam 10 ruas, kemudian jalan tol Jabodetabek sepanjang 298,71 km dengan 21 ruas.

 

.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait