Hibah Rp 4,3 T, Citi Foundation Bantu UMKM Buka 6.000 Lapangan Kerja

Reza Pahlevi
26 November 2022, 14:28
Chief Executive Officer (CEO) Citi Indonesia, Batara Sianturi, dalam acara Diskusi Interaktif Bangun Masyarakat Tangguh Melalui Keuangan Berkelanjutan di Yogyakarta, Jumat (25/7).
Reza Pahlevi/Katadata
Chief Executive Officer (CEO) Citi Indonesia, Batara Sianturi, dalam acara Diskusi Interaktif Bangun Masyarakat Tangguh Melalui Keuangan Berkelanjutan di Yogyakarta, Jumat (25/7).

Citi Indonesia, lewat yayasannya Citi Foundation, telah mengalokasikan hibah senilai Rp 4,3 triliun untuk program pengembangan masyarakat dan usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM sejak 2014. Di Indonesia, dana hibah ini telah menjangkau lebih dari 73 ribu masyarakat di berbagai daerah.

Chief Executive Officer (CEO) Citi Indonesia, Batara Sianturi, menyebut program bernama “Pathway to Progress” ini fokus meningkatkan peluang pertumbuhan ekonomi dan kemampuan kerja generasi muda.

Advertisement

“Program ini telah melaksanakan 60.000 pelatihan keahlian kerja dan membuka 6.000 lapangan kerja baru,” ujar Batara dalam sebuah acara di Magelang, Jumat (25/11).

Dalam pelaksanaan program, Citi bekerja sama dengan lembaga-lembaga non pemerintah seperti United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO), Asosiasi Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW), Prestasi Junior Indonesia (PJI), dan United Nations Development Programme (UNDP).

Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Puni A. Anjungsari, menjelaskan program ini berfokus pada beberapa aspek utama. Contohnya, pengelolaan keuangan rumah tangga, pengelolaan usaha di tengah pandemi, perencanaan usaha, hingga pelaporan keuangan UMKM.

Puni menambahkan, hasil studi Citi Indonesia bersama Kiroyan Partners menemukan program ini yang telah berjalan sejak 2015 hingga 2021 ini telah menghasilkan dampak yang signifikan.

“82% penerima manfaat merasakan peningkatan kapasitas dan pengetahuan dalam hal-hal terkait literasi keuangan, kemampuan kerja, dan kewirausahaan,” kata Puni dalam acara yang sama.

Puni juga mengungkapkan program pengembangan masyarakat ini telah dilakukan di berbagai daerah, antara lain Sumatra Utara, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Bantu UMKM bertahan saat pandemi

Salah satu program yang dihasilkan dari dana hibah ini adalah KitaMudaKreatif yang dilakukan bersama UNESCO. Andreas Aan Sugiarto (40), salah satu penerima manfaat, merasa program tersebut telah membantunya dalam mengembangkan bisnisnya.

Halaman:
Reporter: Reza Pahlevi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement