Jelang Ramadan, Cabai Rawit Merah Makin Naik Tembus Rp 87.000 per Kg

Nadya Zahira
20 Maret 2023, 12:05
Pedagang cabai melayani pembeli di Pasar Terong, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (15/3/2023). Harga cabai rawit di daerah itu naik dari Rp45 ribu menjadi Rp65 ribu per kilogram sedangkan cabai keriting naik dari Rp30 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram m
ANTARA FOTO/Arnas Padda/nym.
Pedagang cabai melayani pembeli di Pasar Terong, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (15/3/2023). Harga cabai rawit di daerah itu naik dari Rp45 ribu menjadi Rp65 ribu per kilogram sedangkan cabai keriting naik dari Rp30 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram menjelang bulan Ramadhan 1444 H.

Harga cabai rawit merah makin naik tembus Rp 87.000 per kg pada H-3 Ramadan 2023, Senin (20/3). Harga cabai rawit merah tersebut naik dibandingkan pekan lalu yang mencapai Rp 80.000 per kg.

Pedagang di Pasar Tradisional Pasar Minggu Enita mengatakan harga cabai rawit merah selalu mengalami kenaikan setiap minggunya dibandingkan jenis cabai lainnya.

“Harga cabai rawit merah naik yang paling sering mengalami kenaikan, dari yang sebelumnya Rp 70.000 ribu per kilogramnya, terus naik lagi Rp 75 000, terus Rp 80.000, saat ini naik lagi jadi Rp 85.000 per kilogramnya," ujar Enita pedagang di Pasar Tradisional Pasar Minggu, Jakarta Selatan, kepada Katadata.co.id, Senin (20/3).

Enita menduga kenaikan harga cabai tersebut disebabkan karena terdampak dari cuaca buruk akibat hujan terus-menerus. Hal itu menyebabkan sejumlah daerah gagal panen. Sementara permintaan pada cabai rawit merah sangat tinggi.

“Harga mahal karena cuaca hujan terus, jadi banyak yang gagal panen cabai nya jadi busuk. Permintaan cabai rawit merah juga paling banyak, jadi wajar kalau harganya suka naik,” kata dia.

Dia mengatakan, fenomena kenaikan harga cabai rawit merah sudah terjadi sejak sebulan yang lalu. Bahkan harga cabai rawit merah sempat menyentuh Rp 95.000 per kg pada dua pekan yang lalu. Namun demikian, harganya turun lagi menjadi Rp 85.000 per kg.  

Selain cabai rawit merah, dia mengatakan bahwa harga cabai merah keriting juga mengalami kenaikan menjadi Rp 55.000 per kilogram. Harga tersebut naik dibandingkan pekan sebelumnya mencapai Rp 40.000 per kg.

Namun demikian, dia mengatakan bahwa untuk stok cabai merah keriting dan cabai rawit merah masih normal dan selalu tersedia. Namun demikian, Enita mengeluhkan bahwa kenaikan harga dari kedua komoditas cabai tersebut membuat permintaan menurun.

"Adanya kenaikan ini pembeli jadi mengurangi jumlah pembeliannya, yang biasanya beli satu sampai dua kilogram, jadi cuma ¼ saja. Karena harga cabai tidak menentu, harganya suka naik turun, karena musim hujan kali ya” kata dia.

Sementara itu, pedagang Pasar Tradisional Parung, Bogor, Magdalena mengatakan mengatakan harga cabai rawit merah baru saja mengalami kenaikan pada hari ini yang mencapai Rp 87.000 per kg, dari yang sebelumnya hanya mencapai Rp 82.000 per kg.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...