Bansos Telur dan Ayam untuk 1,4 Juta Keluarga Dibagikan Mulai Besok

Nadya Zahira
14 April 2023, 14:47
Pekerja menyusun telur ayam di peternakan Desa Pematang Biara, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (7/4/2023). Pemilik ternak ayam petelur mengaku, permintaan telur ayam menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H mengalami peningkatan sebesar 50 hing
ANTARA FOTO/Yudi/Lmo/foc.
Pekerja menyusun telur ayam di peternakan Desa Pematang Biara, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (7/4/2023). Pemilik ternak ayam petelur mengaku, permintaan telur ayam menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H mengalami peningkatan sebesar 50 hingga 60 persen dibandingkan hari biasa.

Bantuan sosial atau bansos berupa ayam dan telur kepada sekitar 1,4 juta keluarga penerima manfaat atau KPM akan mulai disalurkan besok, Sabtu (15/4). Bansos tersebut akan diberikan pada KPM yang memiliki balita dan anak berpotensi stunting.

"Besok Sabtu, kita akan mulai program keluarga rentan stunting atau KRS dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana atau BKKBN," ujar Kepala Badan Pangan Arief Prasetyo Adi, kepada awak media di Alfamidi Super Bangka Raya, Jakarta, Jumat (14/4).

Arief mengatakan, setiap keluarga akan menerima sekitar 1 kg atau 10 butir telur per bulan. Penerima juga akan mendapatkan masing-masing 1 kg daging ayam per bulan.

Dia menuturkan, penyaluran tahap pertama bansos ayam dan telur ini akan berlangsung sejak besok sampai Lebaran Idul Fitri 2023. Penyaluran akan dilakukan secara bertahap.

"Penyalurannya bertahap, besok baru ke 58.000 keluarga penerima dulu mulai dari Papua, Papua Barat, NTT, dan ada beberapa yang sudah disiapkan sesuai data BKKBN," ujarnya. 

Dijalankan ID Food

Selain itu, ia mengatakan, bansos telur dan ayam ini merupakan tugas yang akan dijalankan oleh ID Food karena stok kedua komoditas itu dikelola oleh Holding BUMN tersebut. Sedangkan bantuan pangan beras diurusi oleh Perum Bulog.

Arief menuturkan, fungsi adanya bansos telur dan ayam ini selain untuk membantu keluarga kurang mampu dan stunting juga membantu peternak ayam. Sehingga nantinya Bapanas akan menyerap ayam langsung dari para peternak untuk stok kebutuhan bansos tersebut

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...