Blusukan Ke Pasar, Jokowi Sebut Harga Beras hingga Telur Turun

Andi M. Arief
5 April 2023, 13:18
jokowi, beras, pasar
Antara
Presiden Joko Widodo usai blusukan di Pasar Johar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (5/4). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo menemukan penurunan harga beras saat mengunjungi Pasar Johar Baru, Jakarta Pusat. Selain beras, beberapa bahan pangan yang Kepala Negara temukan mengalami penurunan harga adalah telur ayam, daging ayam, dan bawang.

Walau demikian, Presiden Widodo masih menemukan kenaikan harga pada daging sapi. Menurutnya, temuannya telah sesuai dengan laporan Badan Pusat Statistik yang menyatakan telah terjadi deflasi pada Maret 2023.

"Saya kita ini bagi, sesuai dengan pantauan BPS kemarin memang terjadi deflasi. Ini bagus, dalam posisi mau lebaran tapi harga-harga pangan turun," kata  Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Rabu (5/4).

Sebagai informasi, BPS menyatakan beras merupakan salah satu komoditas penyumbang inflasi terbesar pada Maret 2023. Menanggapi hal tersebut, Jokowi menilai data tersebut bisa dilihat dari banyak sisi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan banyak harga pangan yang susut saat mengunjungi pasar. Menurutnya, hal tersebut akan memperkuat daya beli rakyat.

Akan tetapi, Jokowi mengakui banyak gabah yang dilego lebih dari Rp 5.000 per kilogram (Kg) di lapangan. Dengan demikian, harga pembelian pemerintah atau HPP yang menjadi acuan Bulog dalam menyerap gabah tidak terlalu efektif.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...