Tol Cisumdawu Seksi 4-6 Siap untuk Mudik Lebaran 2023, Gratis!

Image title
16 April 2023, 15:42
Pekerja menghaluskan jalan pada proyek Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 4 di Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (10/4/2023). Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, Jalan Tol Cisumdawu seksi 4 hingga 6 akan dibuka secara fu
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.
Pekerja menghaluskan jalan pada proyek Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 4 di Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (10/4/2023). Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, Jalan Tol Cisumdawu seksi 4 hingga 6 akan dibuka secara fungsional pada 15 April 2023 mendatang guna melancarakan arus mudik lebaran 2023 yang menuju ke arah Cirebon.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengumumkan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) ruas Cimalaka-Dawuan siap beroperasi untuk mudik lebaran 2023. Ruas dari seksi 4 hingga seksi 6 hingga menembus Tol Cipali itu untuk pertama kalinya dibuka pada Ahad (16/04).

Sebelumnya, hanya seksi 1 hingga seksi 3 dari tol yang memiliki panjang total 62 kilometer itu yang benar-benar telah aktif beroperasi, yaitu dari Gerbang Tol Cileunyi hingga Gerbang Tol Cimalaka. Ruas tol dari seksi 1 hingga seksi 3 sepanjang 32,5 kilometer itu resmi dioperasikan pada Desember 2022.

Gerbang Tol Cimalaka hingga Gerbang Tol Utama Ujungjaya yang terhubung ke Tol Cipali belum berfungsi efektif kala itu. Menurut Basuki, dengan beroperasinya seksi 4 hingga 6, menandakan tol Cisumdawu telah tersambung utuh sepanjang 62 kilometer membentang dari Tol Cipularang menuju Tol Cipali.

Menurut Basuki, beroperasinya Tol Cisumdawu secara utuh diharapkan dapat membantu kelancaran hajatan mudik lebaran 2023. "Dari Cimalaka sampai Dawuan akan dibuka dua lajur secara gratis untuk arus mudik Lebaran 2023 ini," kata dia dalam keterangan tertulis (15/04).

Ruas tol yang akan dibuka untuk mendukung kelancaran mudik lebaran 2023 terdiri dari Seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 km); Seksi 5 Legok - Ujung Jaya (14,9 km); dan Seksi 6 Ujung Jaya - Dawuan termasuk Junction Dawuan (6,1 km).

Lokasi rest area sementara disiapkan di KM 194+400 Seksi 4B. "Karena di Cisumdawu belum ada rest area yang dibangun, satu jalur kita fungsikan untuk rest area sementara. Bisa menampung sekitar 200 kendaraan, sudah dilengkapi fasilitas toilet, pom bensin, dan minimarket," kata dia.

Basuki menargetkan seluruh ruas Tol Cisumdawu mulai beroperasi secara penuh dan efektif pada awal Juni 2023. Pengoperasian tol ini sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati, yang berlokasi di Majalengka, Jawa Barat.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...