Jalan Pantai Selatan Siap Jadi Alternatif Jalur Mudik, Ini Rutenya

Tia Dwitiani Komalasari
18 April 2023, 05:34
Foto udara jembatan Kretek II di jalur pantai selatan (pansela), Kretek, Bantul, DI Yogyakarta, Senin (17/4/2023).
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc.
Foto udara jembatan Kretek II di jalur pantai selatan (pansela), Kretek, Bantul, DI Yogyakarta, Senin (17/4/2023).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR telah menyiapkan Jalan Lintas Pantai Selatan atau Pansela Jawa sebagai jalur alternatif bagi masyarakat yang mudik Lebaran 2023. Diharapkan jalur lintas Pantai Selatan bisa jadi alternatig sehingga beban lalu lintas tidak menumpuk di Jalan Tol Trans Jawa, Jalan Lintas Pantai Utara atau Pantura, dan Lintas Tengah Pulau Jawa.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan kondisi jalan Pantai Selatan saat ini sudah bagus sehingga nyaman dilewati masyarakat yang mudik. Selain itu, para pemudik sekaligus dapat menikmati pemandangan yang indah di sepanjang jalur Pansela serta terdapat banyak lokasi pariwisata.

"Untuk itu saya ajak masyarakat memanfaatkan Jalan Pansela ini, jalan dengan pemandangan yang indah yang melewati banyak tempat lokasi wisata pantai. Pemandangannya indah dan instagrammable, bagi yang lewat jalur ini mudah-mudahan liburan Lebaran menjadi memorable dengan keluarga,” kata Basuki, dalam keterangan tertulis, Senin (17/4).

Fasilitas Mudik Jalur Pantai Selatan

Sebagai dukungan kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2023, Kementerian PUPR telah menyiapkan Posko Mudik Sapta Taruna pada Jalur Pansela mulai dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta hingga Jawa Timur. Adapun Posko yang telah disiapkan sebanyak 503 posko dengan masing-masing dilengkapi petugas jaga dan peralatan tanggap darurat seperti dump truk 3 unit, pick up 1 unit, stamper 1 unit, jack hammer 1 unit, dan backhoe loader 1 unit.

Lokasi Posko Mudik Lebaran Kementerian PUPR di antaranya:

  1. Jalan Raya Cijulang – Green Canyon ruas Jalan Cimerak- Batas Kota Pangandaran (Pansela wilayah Jawa Barat)
  2. Jalan Daendels, Sawah, Depokrejo, Kabupaten Purworejo (Pansela wilayah Jawa Tengah)
  3. Ruas Tepus - Jerukwudel Kabupaten Gunung Kidul (Pansela Wilayah DI Yogyakarta)

Posko tersebut akan menyediakan informasi tentang Pansela, dan fasilitas untuk istirahat seperti toilet dan mushala. Posko ini juga untuk antisipasi jika ada kejadian bencana.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...