Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Jakarta Tembus Rp 170 Ribu per Kg

Nadya Zahira
21 April 2023, 18:37
daging, daging sapi, lebaran
ANTARA FOTO/Yudi/Lmo/hp.
Pedagang melayani pembeli daging sapi di Pasar Simpang Limun, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (22/3/2023).

Harga daging sapi di Jakarta tembus Rp 170 per kilogram (kg) jelang H-1 perayaan lebaran atau Idul Fitri 2023. Harga tersebut naik dibandingkan awal Ramadan yang hanya sebesar Rp 130.000 per kg.

Pedagang daging sapi Pasar Tradisional Pondok Labu, Jakarta Selatan, Muhammad Anshari mengungkapkan kenaikan harga daging sapi yang sangat signifikan tersebut sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya saat memasuki H-1 Lebaran Idul Fitri. 

"Makanya saya kemarin sudah ingatkan kepada para langganan untuk beli daging sapi dari H-7 lebaran kemarin," ujar Anshari saat ditemui di Pasar Tradisional Pondok Labu, Jakarta Selatan, Jumat (21/4).

Anshari mengatakan meski harga daging sapi naik secara signifikan setiap menjelang Lebaran, namun stoknya selalu tersedia di produsen. Selain itu, kualitas dari daging sapi tersebut bagus dan dijamin terbebas dari Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK. 

"Kalau hari biasa pembeli paling cuma beli 1/2 kilogram atau satu kilogram, sekarang rata-rata membelinya sampai tiga kilogram," ujarnya.

Sebelumnya para pedagang memprediksi bahwa harga daging sapi pada H-3 sampai H-1 bisa tembus hingga Rp 180.000 per kg. Namun, harga tersebut yang tembus sebesar Rp 170.000 per kg agar tidak terlalu memberatkan para pembeli khususnya pelanggan.

"Sebelumnya kita targetkan dari H-3 sampai H-1 itu sampai Rp 180.000 per kg harganya, cuma takut terlalu mahal dan dagangan jadi sepi," kata dia.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...