Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Jakarta Tembus Rp 155.000/Kg

Nadya Zahira
17 April 2023, 17:36
Petugas Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi memeriksa kadar air pada daging yang dijual di Pasar Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (17/4/2023).
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/aww.
Petugas Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi memeriksa kadar air pada daging yang dijual di Pasar Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (17/4/2023).

Harga daging sapi di Jakarta tembus Rp 155.000 per kilogram (kg) menjelang perayaan lebaran atau Idul Fitri 2023. Harga tersebut naik dibandingkan awal ramadan sebesar Rp 130.000 per kg.

Pedagang daging sapi pasar tradisional Pondok Labu, Jakarta Selatan, Muhammad Jalal mengungkapkan kenaikan harga daging sapi itu sudah terjadi sejak sepekan yang lalu. Kenaikan harga daging sapi sudah menjadi rutinitas setiap tahun saat menjelang lebaran.

"Harga daging sapi memang selalu naik kalau menjelang lebaran karena pembelinya pasti banyak, maka dari itu saya mengingatkan kepada para langganan untuk beli daging sapi dari minggu-minggu kemarin," ujar Jalal saat ditemui di pasar tradisional Pondok Labu, Jakarta Selatan, Senin (17/4).

Jalal mengatakan meski harga daging sapi naik, tapi stoknya selalu tersedia dan banyak. Selain itu, kualitas dari daging sapi tersebut bagus dan dijamin terhindar dari Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK. Hal itu membuat permintaan daging sapi juga meningkat jelang Lebaran.

"Misalnya yang sebelumnya beli hanya satu kilogram atau dua kilogram, sekarang rata-rata membelinya sampai 4 kilogram," ujarnya.

Harga Daging Berpotensi Tembus Rp 180.000 per Kg

Jalal memprediksi kenaikan harga daging ayam ras segar akan semakin melonjak saat H-3 Lebaran dan H-1 setelah Lebaran, yang bisa mencapai hingga Rp 180.000 per kg. Oleh sebab itu, ia mengimbau para pembeli untuk segera membeli daging sebelum H-3 Lebaran.

"Kalau H-3 sampai H-1 itu harganya bisa diprediksi Rp 180.000 per kg, seperti tahun kemarin saja harganya segitu," kata Jalal.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...