Grup Asian Agri dan KAO Dorong Sertifikasi RSPO Petani Sawit di Riau

Rezza Aji Pratama
9 Mei 2023, 20:27
Program SMILE petani sawit
Katadata

Grup Asian Agri, Apical, dan KAO mendorong petani kelapa sawit swadaya mendapatkan sertifikasi RSPO melalui program Smallholder Inclusion for Better Livelihood & Empowerment (SMILE).

Dalam kunjungan ke para petani swadaya di Kecamatan Lubuk Batu, Kabupaten Indragiri Hulu, para inisiator SMILE menggelar diskusi untuk mengakomodir aspirasi para petani.

Bremen Yong, Director of Sustainability Apical mengatakan program SMILE sudah dimualo sejak 2020 dengan melibatkan 3.018 petani. Dari jumlah tersebut, sebanyak 390 petani akhirnya mendapatkan sertifikasi RSPO. Tahun ini, SMILE akan tiga Koperasi Unit Desa (KUD) baru, dengan partisipasi dari sekitar 1.105 petani di Sumatera Utara dan Jambi.

"Kami bangga dengan dampak positif program SMILE terhadap penghidupan petani dan komunitas tempat mereka tinggal," katanya, Selasa (9/5).

Melalui program SMILE, para petani akan mendapatkan dukungan untuk memenuhi persyaratan sertifikasi RSPO. Ini melalui dukungan prosedur yang diperlukan untuk sertifikasi peningkatan kapasitas dan pelatihan kelompok petani. Bremen mengatatakan upaya sertifikasi akan meningkatkan produktivitas.

Salah satu aspek pentingnya berupa penerapan ketertelusuran dan pemantauan Tandan Buah Segar (TBS) dengan melakukan pemetaan poligon perkebunan rakyat. Pada gilirannya akan menjamin serapan TBS petani dengan harga premium.

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...