Genjot Hilirisasi, PT Timah Bangun Pabrik Tin Solder Powder di Cilegon

Happy Fajrian
18 Juni 2023, 22:03
pt timah, hilirisasi, pabrik,
Katadata
PT Timah Industri membangun pabrik tin solder powder di Cilegon, Tangerang.

PT Timah Tbk melalui anak usahanya, PT Timah Industri, membangun pabrik tin solder powder dua line di Cilegon, Tangerang, yang ditargetkan rampung pada Januari 2024. Pabrik tersebut kemudian akan beroperasi secara komersial pada April 2024.

Saat ini PT Timah Industri memiliki tiga pabrik tin chemical dan satu pabrik tin solder sejak 2009 yang memproduksi Stannic Chloride (SnCl4) berkapasitas 3.000 ton dengan merek BANKASTANNIC, dan Dimethyltin Dichloride (DMT) berkapasitas 8.000 ton dengan merek BANKASTAB DMT Series.

Anak usaha PT Timah itu juga memproduksi Methyltin Stabilizer (MTS) berkapasitas 10.000 ton dengan merek BANKASTAB MT Series, dan tin solder berkapasitas 2.000 ton dengan merek BANKAESA.

Direktur Utama PT Timah Industri Ria Wardhani mengatakan pabrik yang tengah dibangun saat ini menggunakan teknologi dari Prancis dengan perusahaan Innovative Materials and Technologies (IMT) France Sarl.

“Kami sudah melihat kesana dan ada dua line yang akan kami bangun di pabrik tin solder powder ini,” ujarnya saat kegiatan peletakan batu pertama pembangunan pabrik tin solder powder di Kawasan Industri PT Timah Industri, Minggu (18/6).

Teknologi yang diterapkan ini dapat memproduksi hingga tingkat kehalusan yang tinggi, fokus dari perusahaan adalah dengan memproduksi tin solder powder dengan tingkat kehalusan tipe 3 dan tipe 4 mengikuti pasar yang ada.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...