Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 5 dan 6 Gratis, Waktu Tempuh Hanya 1 Jam

Nadya Zahira
27 Juni 2023, 09:18
jalan tol sigli - banda aceh
ANTARA FOTO/Khalis Surry/aww.
Kendaraan melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) seksi 6 Kuta Baro-Baitussalam, Aceh Besar, Aceh, Sabtu (15/4/2023).

Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 5 dan 6 mulai beroperasi dan tidak dikenakan tarif alias gratis selama masa sosialisasi. Jalan tol memangkas waktu perjalanan Banda aceh ke Sigli dari tiga jam menjadi hanya satu jam.

“Sudah aman untuk dilintasi kendaraan,” kata Kementerian PUPR atau Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam laman @pupr_bpjt, Selasa (27/6)

Uji laik fungsi jalan tol Sigli - Banda Aceh Seksi 5 dan 6 dilakukan pada 6 - 7 Februari. Pengujian meliputi aspek keselamatan, manajemen lalu lintas jalan, sarana jalan, bangunan pelengkap, operasi dan administrasi.

Panjang jalan tol Sigli - Banda Aceh Seksi 5 dan 6 12,7 kilometer di wilayah Blang Bintang menuju Baitussalam.

Pembangunan jalan tol Sigli - Banda Aceh disetujui lewat Keputusan Menteri atau Kepmen PUPR Nomor 540/KPTS/M/2023 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 5 – 6.

Selain itu, Hutama Karya telah memberikan pelatihan kepada petugas terkait keselamatan, pelayanan prima, penanganan gawat darurat, dan lainnya, sehingga petugas telah siap dalam pengoperasian.

“Jalan tol ini telah diuji coba dengan dioperasikan secara fungsional saat momen Mudik Lebaran 2023 yang dilalui lebih dari 10 ribu kendaraan dengan zero kecelakaan," ujar Executive Vice President (EVP) Divisi Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...