Di Depan Unesco, Airlangga Pamerkan Dampak Program Kartu Prakerja

Image title
4 Juli 2023, 05:00
prakerja, airlangga hartarto, uniesco
Tim Komunikasi Prakerja
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat membuka Konferensi Pembelajaran Sepanjang Hidup Inklusif di Bali, Senin (3/7). Foto: Tim Komunikasi Prakerja.

Pemerintah bersama Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Unesco) menyelenggarakan Konferensi Pembelajaran Sepanjang Hidup Inklusif (Inclusive Lifelong Learning Conference/ILLC). Acara ini digelar di Bali pada 3-6 Juli 2023. 

Konferensi ini menggaungkan kampanye global mengenai pembelajaran sepanjang hidup (lifelong learning) dari UNESCO. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pembelajaran sepanjang hidup dapat menyiapkan individu mampu menghadapi masa depan.

“Termasuk perubahan iklim, perubahan demografi, dan pasar tenaga kerja yang dinamis,” kata Airlangga dalam pembukaan konferensi di Bali, Senin (3/7).

Program Kartu Prakerja pun menjadi contoh dari kampanye tersebut. Program tersebut menyediakan pelatihan bagi penduduk berusia 18-64 tahun untuk mengembangkan kompetensi mereka.

Berdasarkan survei yang dilakukan Abdul Latif Jameel Poverty Action Lab (J-PAL) pada 2021, program ini berhasil menambah peluang para peserta untuk memulai pekerjaan baru sebesar 18%.

Selain itu, Prakerja melibatkan berbagai pihak dalam pelaksanaannya, yakni pemerintah, sektor swasta, serta masyarakat. Kerja sama ini lantas terintegrasi secara digital di platform Prakerja.

“Hanya dengan kerja sama, kita bisa membangun kontrak sosial untuk pendidikan dengan pembelajaran sepanjang hidup sebagai prinsipnya,” kata Asisten Direktur Jenderal UNESCO untuk Pendidikan Stefania Giannini dalam kesempatan yang sama.

ILLC diikuti oleh 300 peserta yang berasal lebih dari 40 negara. Konferensi ini merupakan kelanjutan dari Marrakesh Framework of Action (MFA) yang dihasilkan dalam Konferensi Internasional Pendidikan Orang Dewasa (CONFINTEA) VII di Marrakesh, Maroko pada 2022. 

Halaman:
Reporter: Andrea Lidwina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...