INA Akuisisi Dua Ruas Tol Trans Sumatera dari Hutama Karya

Tia Dwitiani Komalasari
6 Juli 2023, 12:27
Sejumlah kendaraan pemudik antre melintasi Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Lampung Selatan, Lampung, Minggu (1/5/2022). Pada H-1 Idul Fitri 1443 H, Jalan Tol TranS Sumatera (JTTS) Bakauheni-Palembang dipadati kendaraan pemudik.
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.
Sejumlah kendaraan pemudik antre melintasi Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Lampung Selatan, Lampung, Minggu (1/5/2022). Pada H-1 Idul Fitri 1443 H, Jalan Tol TranS Sumatera (JTTS) Bakauheni-Palembang dipadati kendaraan pemudik.

Indonesia Investment Authority atau INA  melalui anak perusahaannya, PT Swarna Investasi Indonesia dan PT Abhinaya Investasi Indonesia, menyelesaikan transaksi investasi dengan Hutama Karya atas dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera. Jalan tol tersebut adalah ruas Medan – Binjai dan Bakauheni – Terbanggi Besar.

EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan transaksi ini diperlukan untuk membantu mempercepat pembangunan dan penyelesaian ruas-ruas jalan tol lainnya di Sumatera.

"Transaksi investasi antara INA dan Hutama Karya ini merupakan tonggak penting dalam pengembangan proyek Jalan Tol Trans Sumatera secara keseluruhan," ujar Tjahjo seperti dikutip dari Antara, Rabu (6/7).

Tjahjo menambahkan, kolaborasi antara INA dan Hutama Karya memperkuat kemajuan proyek, meningkatkan konektivitas, dan mendorong pertumbuhan sosial ekonomi di Sumatera.

"Investasi ini menunjukkan komitmen kami untuk berkontribusi pada pembangunan infrastruktur Indonesia dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," katanya.

Termasuk Infrastruktur Utama Sumatra

Ketua Dewan Direktur INA Ridha Wirakusumah mengatakan investasi ini sejalan dengan salah satu dari empat sektor yang menjadi fokus INA, yaitu Infrastruktur dan Logistik. Jalan tol merupakan bagian integral dari sektor infrastruktur dan logistik.

Dia mengatakan, kolaborasi ini menunjukkan komitmen bersama INA dan Hutama Karya untuk meningkatkan konektivitas infrastruktur dan mendorong pertumbuhan sosial ekonomi di Sumatera.

"Melalui investasi di dua ruas utama Jalan Tol Trans Sumatera, kami menegaskan keyakinan kami terhadap potensi jalan tol di Sumatera dan pengelolaan yang baik dari Hutama Karya. Investasi ini juga membuka peluang bagi investor domestik maupun internasional untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia dengan nilai imbal balik yang sepadan dengan risiko investasi," kata Ridha.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...