WIKA Gedung Garap Dua Proyek IKN Senilai Rp 1,3 Triliun 

Nadya Zahira
13 Juli 2023, 17:00
Foto aerial hunian pekerja konstruksi IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (16/3/2023). PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) telah menyelesaikan proyek pembangunan Hunian Pekerja Konstruksi Ibu Kota Negara (HPKIKN) Nusantar
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
Foto aerial hunian pekerja konstruksi IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (16/3/2023). PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) telah menyelesaikan proyek pembangunan Hunian Pekerja Konstruksi Ibu Kota Negara (HPKIKN) Nusantara, dari 22 tower yang terbangun, 12 tower karya WEGE mulai dihuni oleh pekerja lengkap dengan fasilitas penunjang.

PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk atau Wika Gedung menggarap dua pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara atau IKN. Adapun dua pembangunan tersebut yakni Hunian Pekerja Konstruksi atau HPK dan Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi atau Kemenko Marves.

Corporate Secretary WIKA Gedung, Purba Yudha Tama, mengatakan total nilai kontrak pada kedua proyek itu sebesar Rp 1,3 triliun. Ia merinci proyek HPK nilai kontraknya sekitar Rp 500 miliar, sedangkan untuk pembangunan gedung Kemenko Marves sebesar Rp 800 miliar. 

“Kita dari proyek IKN ada dua sebenarnya, HPK yang sudah selesai Maret 2023. Terus sekarang sedang dalam proses konstruksi  untuk kantor Kemenko,”  ujar Yudha saat ditemui awak media di Stasiun Halim Kereta Cepat Jakarta Bandung, Kamis (13/7).  

Yudha mengatakan progress Kantor Kemenko Marves hingga saat ini baru mencapai 7%, dan ditargetkan dapat rampung pada kuartal III 2023. Ia mengatakan, terdapat tiga kantor kementerian koordinator lainnya juga yang tengah dikerjakan namun oleh kontraktor yang berbeda. 

“Targetnya selesai di Q3 2024, disana ada 4 paket sebenarnya. Ada 4 Kemenko, untuk WIKA Gedung itu khusus Kemenko Marves. Tapi yang lain bareng pengerjaannya, dan lokasinya berdekatan,” kata dia 

Selain kedua proyek tersebut, dia mengatakan, WIKA Gedung juga tengah melakukan tender untuk hunian Aparatur Sipil Negara atau ASN.  Yudha memperkirakan proses tender itu bisa selesai pada pertengahan tahun 2023, dan pekerjaan dilakukan pada akhir tahun. 

“Tapi untuk target selesai mungkin sekitar 2023, atau kemungkinan pertengahan tahun ini selesai proses tender. Pengerjaan tahun ini juga, Q3 sampai Q4 kita mulai, ” ujarnya.

Gunakan Sistem Hybrid

Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR akan menggunakan sistem hybrid dalam proses pembangunan rumah susun untuk para ASN  di IKN.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...