Pertamina Bangun Kawasan Resort hingga Kampus di IKN Agustus 2024

Lavinda
Oleh Lavinda
11 Juli 2023, 10:47
Pertamina
Dok. PT Pertamina International Shipping (PIS)
Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaya Purnama

PT Pertamina (Persero) berencana membangun kawasan resort, universitas hingga pusat penelitian dan pengembangan di kawasan Ibu Kota Nusantara atau IKN. Perusahaan pelat merah ini menargetkan investasi terwujud sebelum Agustus 2024. 

Hal itu disampaikan oleh Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dalam kunjungannya meninjau progres pembangunan IKN, pada Senin (10/07).

Menurut Ahok, rencana pembangunan merupakan wujud dukungan Pertamina untuk turut membangun IKN dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki.

Ahok berharap investasi Pertamina di IKN segera terlaksana dalam waktu dekat. “Pertamina adalah investor sungguhan untuk IKN. Pertamina menargetkan sebelum Agustus 2024 akan ada investasi yang terwujud,” ujar Ahok dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (11/7).

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita IKN Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi menyambut baik dukungan Pertamina.

“Kami menyambut baik rencana investasi Pertamina di IKN. Pertamina rencana akan membangun kawasan resort 1000 kamar, lapangan golf 36 lubang, rumah sakit, universitas bertema vokasi, serta pusat riset dan pengembangan,” sebutnya.

PT Pertamina (Persero) juga akan memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang disiapkan untuk menunjang kemudahan berusaha di IKN, seperti tax holiday, super tax deduction, dan berbagai fasilitas kemudahan berusaha lainnya.

Dalam kunjungan ini, Ahok bersama Thomas beserta rombongan mengunjungi lokasi Titik Nol IKN yang merupakan titik geodesi referensi. Selain itu, keduanya juga meninjau pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Barat melalui Menara Pandang Sumbu Barat. Ini merupakan jalan yang menghubungkan antara Istana Negara hingga Mangrove Ecopark.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...