JPO Penghubung JIS dan Ancol Telan Biaya Rp 80 Miliar, Dibiayai APBN

Nadya Zahira
9 Agustus 2023, 18:29
jembatan penyeberangan orang, jis, jakarta international stadium
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Bus Metrotrans melintas di kawasan Halte Jakartas International Stadium (JIS), Jakarta, Selasa (1/3/2022).

Kementerian PUPR akan membangun jembatan penyeberangan orang atau JPO untuk akses penghubung ke Jakarta International Stadium atau JIS dan kawasan Ancol. Stadion JIS akan dipakai untuk pembukaan Piala Dunia U-17.

"Kami akan membangun jalan jembatan orang yang menuju ke parkir di Ancol sepanjang 430 meter, dan lebar 5 meter," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam konferensi pers di Gedung PUPR, Jakarta, Rabu (9/8). 

Pada kesempatan yang sama, Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, proyek ini akan dibiayai negara menggunakan APBN. Biaya pembangunannya diperkirakan Rp 70-80 miliar. "JPO sendiri panjangnya 430 meter atau 450 meter, itu setahu saya Rp 80 miliar, Rp 70-80 miliar," kata dia. 

Namun demikian, dia menuturkan kontraktor yang akan menggarap pembangunan JPO tersebut belum ditunjuk, yang jelas pihaknya akan menunjuk kontraktor yang dirasa paling siap. "Kontraktornya belum (ada), ya mudah-mudahan dalam minggu depan udah ada dan bisa kerja," ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan skenario yang dilakukan pemerintah untuk mempercepat pembangunan JPO tersebut yakni dengan pekerjaan secara sekuensial, “Jadi dari semua sisi sudah mulai serentak dibangunnya," kata dia.

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti dalam kesempatannya mengatakan, dalam pembangunan JPO yang menghubungan dengan JIS itu, pihaknya harus melakukan perencanaan terlebih dahulu.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...