Pembukaan Piala Dunia U-17 Akan Digelar di JIS, Penutupan di Solo

Nadya Zahira
9 Agustus 2023, 16:08
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo (kedua kanan) meninjau Stadion Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023). Menpora meninjau kesiapan Stadion JIS untuk diajukan kepada FIFA sebagai salah satu
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo (kedua kanan) meninjau Stadion Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023). Menpora meninjau kesiapan Stadion JIS untuk diajukan kepada FIFA sebagai salah satu lokasi Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI, Erick Thohir, menyampaikan pembukaan pertandingan  Piala Dunia tersebut akan digelar di Jakarta International Stadium atau JIS pada 10 November 2023. Sedangkan laga penutupannya akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, pada 2 Desember 2023. 

"Pembukaan Piala Dunia U-17 itu akan ada di JIS. Sementara untuk penutupan ada di Solo," ujar Erick kepada awak media di gedung Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR, Jakarta Selatan, Rabu (9/8).

Untuk memastikan keamanan, pemerintah akan membangun tiga akses tambahan menuju Stadion JIS. Dengan begitu, stadion JIS tersebut nantinya akan memiliki empat akses.

"Kami waktu tinjau langsung ke lapangan JIS bersama Pak Gubernur Heru dan Pak Menteri PUPR, kan aksesnya memang waktu itu hanya satu, makanya akan kami tambahkan," ujar Erick. 

Dia mengatakan, empat akses tersebut yakni off ramp atau jalan keluar yang menghubungkan tol sekitar dengan JIS, lalu penambahan Stasiun Kereta Rel Listrik atau KRL menuju JIS, dan Jembatan Penyebrangan Orang atau JPO. Namun demikian, Erick belum menjelaskan secara detail terkait akses Jalan Tol dan Stasiun KRL itu.

"Tapi untuk ke kereta api kereta api (KRL) tadi perlu waktu lebih dari November ya, karena ini menyangkut keselamatan kan, nanti JIS ini juga akan dipakai buat pertandingan sepak bola lainnya. Jadi, akses yang kereta api pun kita akan selesaikan," kata Erick.

Sementara pembangunan JPO yang menghubungkan JIS dan Ancol akan memiliki pajang 430 meter. 

4 Stadion Jadi Lokasi Piala Dunia U-17

Erick Thohir mengatakan ada empat stadion yang diputuskan sebagai lokasi pertandingan Piala Dunia FIFA U-17 2023. Salah satu stadion yang akan digunakan yaitu JIS.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...