Pembangunan IKN Selesai Seluruhnya pada 2045, Ini Progres Terbaru

Tia Dwitiani Komalasari
18 Agustus 2023, 14:44
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur, Jumat (28/7).
Zahwa Madjid/Katadata
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur, Jumat (28/7).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Ibu Kota Nusantara rampung seluruhnya pada 2045. Target tersebut bertepatan dengan 100 tahun Indonesia Merdeka.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga, mengatakan pembangunan IKN merupakan kesempatan yang baik untuk menata kota sesuai dengan teori dan aturan tata kota yang ideal. Pasalnya pembangunan IKN betul-betul dimulai dari awal.

Dia mengatakan, pembangunan IKN didesain sampai 2045 di mana saat itu Indoensia diharapkan sebagai negara maju. "Karena pembangunan IKN bukan hanya pembangunan fisik saja, tetapi di situ ada transformasi kehidupan dan transformasi pekerjaan terutama dalam hal pemanfaatan teknologi," ujaranya dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (18/8).

Danis pun menjelaskan progres pembangunan IKN, yaitu:

  • Pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Nusantara Tahap 1

Pembangunan ini meliputi Kawasan Inti Pusat Pemerintahan yang ditargetkan selesai pada 2024. Danis mengatakan, hingga saat ini progres konstruksi infrastruktur dasar IKN Tahap 1 telah mencapai 38,1% dan seluruh kegiatan masih terjaga dari sisi jadwal pelaksanaan.

“Konstruksi infrastruktur dasar IKN Tahap 1 ini yang kontrak pekerjaannya telah dimulai sejak tahun 2021 seperti pembangunan Jalan Tol Akses IKN tahap 1, Bendungan Sepaku Semoi, Istana Negara dan Kantor Presiden,” kata Danis.

Danis menyatakan, beberapa infrastruktur dasar IKN yang utamanya akan selesai pada 2024 yakni pemenuhan kebutuhan air bersih dan beberapa jaringan jalan untuk meningkatkan konektivitas ke kawasan IKN.

“Untuk air bersih tengah diselesaikan Bendungan Sepaku Semoi dan Intake Sepaku, selanjutnya juga ditargetkan Sistem Penyediaan Air Minumnya dapat mulai didistribusikan ke beberapa kawasan di IKN pada 2024,” kata Danis.

  • Pembangunan IKN tahap kedua

Tahap kedua meliputi proyek-proyek yang penandatanganan kontraknya dimulai pada April - Mei 2023 seperti gedung kementerian koordinator 2 dan rumah rusun ASN IKN.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...