Aguan Pimpin Konsorsium Investor Dalam Negeri ke IKN

Tia Dwitiani Komalasari
15 Agustus 2023, 13:08
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia bersama pendiri Agung Sedayu Group, Sugianto Kusuma, berkunjung ke Ibu Kota Nusantara, Jumat (11/8).
Kementerian Investasi
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia bersama pendiri Agung Sedayu Group, Sugianto Kusuma, berkunjung ke Ibu Kota Nusantara, Jumat (11/8).

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Nusantara atau IKN. Kunjungan tersebut dilakukan bersama Konsorsium Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang dipimpin oleh pendiri Agung Sedayu Group, Sugianto Kusuma alias Aguan, akhir pekan lalu.

Bahlil mengatakan, kunjungan ini bertujuan untuk meninjau pembangunan serta menemukan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh para investor di IKN. Bahlil menyatakan bahwa pemerintah terus bekerja keras untuk mewujudkan tujuan negara dalam merayakan hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus tahun depan di IKN.

Dia juga menelusuri permasalahan desain paket Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN yang belum rampung untuk gambaran terhadap investor. "Kita harus bicara mana proyek eksisting, mana yang harus dikerjakan. Yang penting tidak melanggar substansi, tidak korupsi, dan bertujuan untuk negara," ujar Bahlil kepada pihak Otorita IKN.

Bahlil melihat bahwa kebutuhan infrastruktur bagi para investor seperti ketersediaan listrik, air, dan telekomunikasi harus dipenuhi segera. Baginya, investor lokal harus diberikan dukungan karena telah memberikan banyak kontribusi terhadap perkembangan pembangunan proyek IKN.

"Saya menyampaikan apresiasi terhadap pihak swasta hingga saat ini. Regulasi biar menjadi urusan Kementerian Investasi dan Otorita IKN, dan akan terus dipermudah," ucap Bahlil.

Salah satu perwakilan PMDN pendiri Agung Sedayu Sedayu Group Sugianto Kusuma menyatakan apresiasi kepada pemerintah atas percepatan dan respon yang baik dalam segala kendala yang dihadapi oleh penanam modal. Sugianto menyampaikan harapan tersedianya bahan material yang dekat dengan lokasi proyek agar percepatan pembangunan proyek menjadi lebih efektif dan efisien.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...