Dua Konsorsium Ditargetkan Bangun Rusun di Ibu Kota Baru September

Andi M. Arief
29 Agustus 2023, 19:30
rusun di ikn, ibu kota baru, ikn, ibu kota nusantara
Zahwa Madjid/Katadata
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur, Jumat (28/7).

Ada dua konsorsium yang akan mulai membangun rumah susun atau rusun di ibu kota baru atau Ibu Kota Nusantara bulan depan. Keduanya yakni PT Summarecon dan Konsorsium Nusantara.

Konsorsium Nusantara merupakan hasil kerja sama China Construction First Group Corp. Ltd dan PT PT Risjadson Brunsfield Nusantara.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR mengatakan, status rusun yang akan dibangun oleh kedua konsorsium itu yakni adalah unsolicited atau diprakarsai oleh swasta.

Namun Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR Haryo Bekti Martoyoedo menyampaikan, kelayakan kedua konsorsium tersebut sedang dikaji oleh Komite Keandalan Bangunan Gedung atau KKBG.

Sepengetahuannya, jadwal KKBG sedang penuh untuk mengkaji kontraktor lain.
"Dalam waktu dekat akan disampaikan hasil kajian," kata Haryo di Hotel Oriental, Selasa (29/8).

“Kami menunggu kepastian, apakah menunggu KKBG atau langsung kami kaji. Target kami bulan depan rampung kajiannya,” Haryo menambahkan.

Hasil kajian tersebut akan menentukan apakah kedua konsorsium tersebut dapat membangun rusun di IKN atau tidak. Hasil kajian yang dimaksud berupa perbaikan desain dasar yang harus dilakukan oleh Summarecon dan Konsorsium Nusantara sebelum mulai membangun.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...