Rusun ASN di IKN Habis Terkontrak, Pemerintah Desain Khusus Milenial

Andi M. Arief
25 Agustus 2023, 15:12
IKN Nusantara
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Proyek pembangunan Istana Presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajem Pasert Utara, Kalimantan Timur, Kamis (8/6/2023).

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat Iwan Suprijanto mengatakan pembangunan 47 menara rumah susun untuk Aparatur Sipil Negara di Ibu Kota Nusantara telah terkontrak. Pengontrakan proyek tersebut bertepatan dengan Hari Perumahan Nasional ke-73, Jumat (25/8).

Iwan mencatat proyek pembangunan rusun tersebut dibagi menjadi enam paket pekerjaan senilai Rp 11,2 triliun. Anggaran tersebut akan dibagi menjadi dua tahap, yakni Rp 3,7 triliun pada tahun ini dan Rp 9,4 triliun pada tahun depan.

"Awal September 2023 ini, sekitar 15% dari dana anggaran pembangunan rusun ini akan terserap untuk uang muka pembangunan," kata Iwan dalam konferensi pers di kantornya, Jumat (25/8).

Iwan mencatat seluruh entitas yang terkontrak dengan proyek tersebut melalui skema Kerja Sama Operasi atau KSO. Beberapa kontraktor yang disebut Iwan adalah PT Jaya Konstruksi, PT Brantas Abipraya, dan PT Pembangunan Perumahan Tbk.

Iwan menyampaikan seluruh kontrak tersebut akan dikerjakan dengan metode design and build. Menurutnya, proses pembekalan dan desain akan dimulai pada pekan depan, sehingga konstruksi fisik dapat dilakukan secepatnya pertengahan September 2023.

Iwan menekankan target tersebut penting tercapai lantaran sebanyak 12 menara rusun ditargetkan rampung pada Juli 2024. Adapun, tenggat waktu penyelesaian konstruksi 35 menara rusun lainnya adalah akhir 2024.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...